Sukses

Fakta di Balik Berat Badan Anak Susah Naik

Berat badan anak susah naik. Inilah salah satu kasus yang sering dikeluhkan para orangtua di Indonesia. Sebenarnya, apa penyebabnya?

Klikdokter.com, Jakarta Berat badan masih dijadikan indikator suksesnya pertumbuhan anak oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Pasalnya, tak sedikit anak yang berat badannya susah naik, atau mandek di situ-situ saja.

Secara sederhana, kenaikan berat badan dapat terjadi jika jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh (input) lebih besar daripada jumlah kalori yang dikeluarkan (output). Artinya, jumlah asupan harus lebih banyak dibandingkan dengan jumlah energi yang dibutuhkan untuk fungsi metabolisme tubuh dan aktivitas anak sehari-hari.

Sebagian besar penyebab anak dengan berat badan kurang terletak pada input kalori, yaitu kurangnya asupan makanan. Jumlah kalori yang dibutuhkan oleh anak setiap harinya bervariasi, sesuai dengan usia dan jenis kelamin. Untuk mengetahui secara tepat, Anda dapat meminta bantuan dokter anak untuk menghitungnya.

Perlu diingat juga bahwa asupan makanan adalah tidak terbatas pada jumlah saja, tetapi juga kualitasnya. Artinya, asupan makanan untuk anak harus memiliki porsi gizi yang seimbang, yakni mengandung semua zat gizi makronutrien dan mikronutrien.

Makronutrien adalah zat gizi yang dibutuhkan anak dalam jumlah besar, seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan mikronutrien adalah zat gizi yang dibutuhkan hanya dalam jumlah yang kecil, seperti vitamin dan mineral.

Selain masalah jumlah input, beberapa anak juga sulit mengalami kenaikan berat badan karena output yang meningkat. Kondisi ini terjadi pada anak dengan penyakit tertentu, seperti penyakit jantung bawaan, tuberkulosis paru, dan cacingan.

Jadi, apabila berat badan anak masih tidak naik meski asupan sudah sesuai, jangan ragu untuk membawa anak Anda ke dokter. Ini untuk mencari tahu apakah ada kondisi medis tertentu yang menyebabkan anak tidak dapat bertumbuh secara optimal.

(NB/ RH)

1 Komentar

  • Asma warsi

    Selamat siang dok. Saya mau nanya dok.. Anak saya usia 30 bulan ttp bb ny gk naik2 msh 10kg dan TB 82cm. Makan berat 2-3x sehari n ngemil. Sufor sehari 100-300ml. Sy sdh 2x ke dsa yg berbeda. Dsa pertama bilang kemungkinan gangguan pencernaan dan dikasih terapi enzim interlac dan vitamin. Ttp tdk Ad perubahan. Dsa yg kedua mengatakan krn anak ny lincah dan aktif kmngkn asupan makanan ny sesuai dg energi yg dikeluarkan. Bagaimana dok cara utk menaikkan bb anak saya dok... Terimakasih