Sukses

Hidup Bahagia, Cara Alami Menghadapi Stres

Salah satu rahasia untuk menghadapi stres adalah dengan hidup bahagia. Ini kiatnya untuk Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Belakangan, stres sering dihubungkan dengan kondisi mematikan, seperti penyakit jantung koroner dan serangan jantung. Karena itu, mencegah dan menghadapi stres adalah tantangan tersendiri bagi Anda yang ingin hidup sehat sepanjang hayat.

Sayangnya mencegah, menghindari, atau menghadapi stres tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena seseorang tidak bisa lari dari tuntutan dan kesibukannya sehari-hari.

Sebenarnya Anda tidak harus selalu mengendalikan situasi. Tetapi Anda bisa mengendalikan diri untuk menghadapi berbagai situasi. Bagaimanapun juga, Anda adalah orang yang paling bertanggung jawab untuk kebahagiaan diri sendiri.

Dengan mendekatkan diri pada perasaan bahagia, niscaya stres tidak akan datang menghampiri. Inilah kiat yang bisa Anda lakukan:

  1. Olahraga rutin dan teratur

    Olahraga secara rutin dan teratur membuat tubuh Anda melepaskan hormon endorphine (hormon kebahagiaan). Hormon ini berinteraksi dengan otak untuk meredakan nyeri serta memberikan energi positif pada tubuh Anda. Nah, dengan modal ini, Anda akan siap untuk mencegah, menghindar, atau menghadapi stres di kemudian hari.

  2. Konsumsi makanan sehat

    Usahakan untuk menghindari makanan dan minuman manis. Perhatikan pula porsi makan Anda. Percayalah, apabila Anda kelebihan makan dan berat badan meningkat, risiko terjadinya stres semakin besar. Sebaliknya, dengan menjaga berat badan tetap ideal, risiko stres akan semakin kecil.

  3. Jangan tunda pekerjaan

    Ketika suatu pekerjaan terselesaikan, Anda akan merasa puas dan lega. Di saat seperti ini, Anda baru saja mengurangi satu beban yang dipanggul dalam sehari. Pada akhirnya, stres karena pekerjaan yang menumpuk tidak akan datang menghampiri.

  4. Luangkan waktu sendiri

    Dalam sehari, pastikan Anda memiliki waktu untuk merenung dan mengintrospeksi diri. Ini akan membantu Anda memiliki sudut pandang berbeda ketika dihadapkan pada suatu masalah.

    Salah satu cara yang baik untuk merenung dan mengintrospeksi diri adalah berdoa atau beribadah. Penelitian membuktikan bahwa berdoa atau beribadah membuat seseorang lebih dapat mengendalikan diri dan lebih tahan menghadapi efek negatif dari stres.

  5. Sediakan waktu untuk keluarga

    Luangkan waktu untuk keluarga, saudara atau teman-teman Anda. Mereka adalah orang-orang yang tulus mencintai dan membantu Anda melewati masa-masa sulit. Percayalah, menghadapi stres akan lebih mudah jika dilakukan bersama-sama.

Jika cara menghadapi stres di atas belum mampu mengatasi keluhan Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar