Sukses

Inilah Manfaat Kolesterol bagi Tubuh Manusia

Kolesterol ternyata memiliki manfaat yang sangat penting bagi tubuh manusia! Cari tahu di sini!

Klikdokter.com, Jakarta Kolesterol sering diartikan sebagai substansi yang menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Ini memang benar! Jumlah kolesterol yang lebih dari normal memang dapat meningkatkan risiko penyakit mematikan tersebut.

Tapi sebenarnya, tubuh juga memerlukan kolesterol. Dalam batas tertentu, kolesterol diperlukan sebagai bahan dasar pembentuk unsur-unsur penting di dalam tubuh. Inilah manfaat kolesterol bagi tubuh:

  1. Pembentuk sel

    Manfaat utama kolesterol bagi tubuh manusia adalah sebagai bahan dasar pembentuk struktur membran (dinding) setiap sel tubuh. Tak hanya itu, substansi ini juga merupakan komponen utama pada sel otak dan sel saraf.

    Jadi, dapat dikatakan bahwa sebagian besar tubuh manusia tersusun atas kolesterol. Dalam kadar yang normal, kolesterol bermanfaat untuk pertumbuhan, serta memperbaiki setiap kerusakan pada sel tubuh.

  2. Pembentuk hormon

    Sebagian dari kolesterol dipakai oleh tubuh dalam rangka menghasilkan hormon. Kelenjar adrenal menggunakan substansi ini untuk membentuk hormon adrenokortikal.

    Sedangkan oleh ovarium, kolesterol digunakan untuk membentuk hormon seksual progesteron dan estrogen. Oleh testis, kolesterol digunakan sebagai pembentuk hormon testosteron.

  3. Pelindung Tubuh

    Sejumlah kolesterol diendapkan dalam lapisan korneum kulit. Kolesterol bersama dengan lemak lainnya membantu mencegah penguapan cairan tubuh secara berlebihan melalui kulit.

    Pada orang yang menderita luka bakar luas, lapisan korneum kulit akan menghilang. Kehilangan lemak pada lapisan tersebut menyebabkan penguapan cairan tubuh berlebihan, hingga dapat menyebabkan seseorang menderita dehidrasi berat dan meninggal dunia.

  4. Pembentuk Empedu

    Kolesterol merupakan bahan dasar pembentuk asam empedu. Dengan kata lain, asam empedu merupakan cairan yang dihasilkan oleh kandung empedu, dengan bahan dasar kolesterol. Fungsi utama dari asam empedu adalah untuk mencerna lemak yang melewati saluran pencernaan.

Kolesterol dalam jumlah berlebihan tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan. Namun dalam jumlah normal, ternyata substansi ini sangat dibutuhkan untuk mempertahankan fungsi kerja tubuh tetap normal. Yuk, jaga kolesterol tetap normal!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar