Sukses

5 Hal Supaya Si Kecil Terhindar Gigi Berlubang

5 Hal Supaya Si Kecil Terhindar Gigi Berlubang. Si kecil suka mengonsumsi makanan manis? Hati-hati, bila tidak diperhatikan, si kecil bisa mengalami gigi berlubang atau karies gigi. Lalu bagaimana menghindari si kecil dari karies gigi? Praktikan 5 hal dal

Pepsodent Sensitive Expert

Klikdokter.com - Si kecil suka mengonsumsi makanan manis? Hati-hati, bila tidak diperhatikan, si kecil bisa mengalami gigi berlubang atau karies gigi.

Anak dengan gigi berlubang sering sekali ditemui. Padahal setiap orangtua ingin si kecil memiliki deretan gigi yang bersih dan sehat. Pada dasarnya semua anak suka makanan manis yang berbahaya bagi kesehatan gigi mereka bila tidak dibersihkan dengan baik. Gula akan difermentasikan oleh bakteri menjadi asam yang akan melarutkan mineral gigi, membentuk gigi berlubang. Karies gigi yang dini biasanya tampak seperti bercak-bercak putih pada gigi. Bila dibiarkan berkembang akan terbentuk lubang  yang menyebabkan struktur gigi rusak dan berujung pada sakit gigi dan gusi.

Lalu bagaimana menghindari si kecil dari karies gigi? Praktikan 5 hal di bawah ini:

  • Menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda
    Di dalam ludah terkandung bakteri penyebab gigi berlubang. Kalau Anda tidak merawat kesehatan gigi dan gusi, Anda bisa mentransfer bakteri ini pada si kecil. Makanya usahakan menghindari pemakaian bersama alat makan dan sikat gigi.

  • Hindari kebiasaan ngedot
    Bila si kecil masih balita, usahakan agar si kecil menghentikan kebiasaan mengedot sebelum tidur. Di dalam dot masih ada sisa-sisa susu yang tinggi karbohidrat. Sisa-sisa ini akan menempel pada gigi yang menyebabkan tumbuhnya bakteri yang dapat merusak permukaan gigi.

  • Usahakan makan buah potong daripada minum jus buah kemasan
    Dibandingkan dengan buah potong, minum jus buah kemasan mengandung gula yang tinggi kalori.  Jus buah kemasan biasanya berisi air, perasa buah, dan pemanis tambahan. Gula pada jus buah kemasan termasuk tinggi dan hal ini bisa mengakibatkan gigi berlubang pada anak.

  • Memberikan makanan sehat pada si kecil
    Makanan sehat yang bernutrisi menurunkan risiko gigi berlubang pada anak. Beri si kecil makanan yang tinggi serat, sayuran, dan buah-buahan. Untuk camilan, daripada memberikan snack yang tinggi kalori.

  • Ajarkan si kecil menggosok gigi dua kali sehari
    Penyebab gigi berlubang adalah kurangnya perawatan gigi dan gusi. Dengan menggosok gigi minimal dua kali sehari, sesudah sarapan dan sebelum tidur dapat menghindari risiko karies gigi. Gunakanlah sikat gigi berbulu halus dan pasta gigi khusus untuk anak seperti pasta gigi khusus gigi susu.

0 Komentar

Belum ada komentar