Sukses

6 Persiapan Kesehatan Sebelum Bermudik

6 Persiapan Kesehatan Sebelum Bermudik. Sebelum berangkat menempuh arus mudik Lebaran, para pemudik harus berada dalam kondisi yang fit dan sehat. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan atau bahaya kesehatan lainnya. Untuk mempersiapkan kese

Klikdokter.com - Sebelum berangkat menempuh arus mudik Lebaran, para pemudik harus berada dalam kondisi yang fit dan sehat. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan atau bahaya kesehatan lainnya. Untuk mempersiapkan kesehatan Anda sebelum bermudik, berikut adalah hal-hal yang harus Anda lakukan:

  1. Lakukan pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan tekanan darah dan pemeriksaan fisik lengkap. Terutama bagi mereka yang memiliki penyakit tertentu (hipertensi, diabetes mellitus, asam urat, asma, dll).

  2. Mereka dengan penyakit tertentu perlu membawa obat-obatan yang harus mereka konsumsi. Lupa meminum obat dapat menyebabkan kekambuhan penyakit yang dapat mengganggu perjalanan.

  3. Bawa juga obat-obatan lain untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan yang mungkin terjadi di perjalanan, misal: obat sakit kepala, obat mual, obat kembung, peralatan P3K. Selain itu selalu bawa peralatan untuk menjaga kebersihan diri seperti body wash & hand sanitizer yang mengandung anti bakteri seperti Lifebuoy Total10 yang mengandung Active5 agar Anda dapat selalu terhindar dari kuman dan bakteri penyebab masalah kesehatan.

  4. Berisitirahatlah yang cukup sebelum berangkat. Tidurlah minimal 7-8 jam agar tubuh Anda bugar sebelum berangkat mudik.

  5. Siapkan bekal makanan untuk di perjalanan. Bila Anda tidak membawa bekal makanan, jangan makan di sembarang tempat. Jika pun nantinya harus terpaksa makan di tempat yang Anda belum biasa, maka perhatikan beberapa poin berikut ini:
    - Pastikan rumah makan yang Anda singgahi memiliki sanitasi yang baik. Jika Anda tidak menemukan wastafel yang mendukung untuk mencuci tangan, sebaiknya berhati-hati. Jadikan toilet dan kamar mandi yang terjaga kebersihannya sebagai parameter untuk status kebersihan rumah makan. Pasalnya, persiapan makan yang sehat tergantung dari kesiapan kebersihan rumah makan yang ada.
    - Hindari tempat makan yang tidak memiliki fasilitas cuci alat makan yang layak. Di Indonesia tidak sedikit tempat sajian kuliner yang masih menggunakan mencuci piring dengan metode celup ember, bukan mencuci dengan air mengalir.
    - Cuci tangan setiap kali Anda akan memasukan sesuatu ke mulut Anda untuk dimakan dan diminum.
    - Apabila Anda tidak dapat menemukan sarana yang layak untuk cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, Anda dapat selalu menggunakan Lifebuoy hand sanitizer yang dapat membunuh 99% kuman tanpa dibilas, kapan saja dan dimana saja.

  6. Perhatikan kebersihan dan kesegaran alat makan dan tangan Anda setiap sebelum makan. Virus, kuman dan bakteri yang tidak tampak oleh kasat mata dapat dengan mudah menyebar ke tubuh Anda. Mencuci tangan dengan sabun sebelum makan minum dapat menekan risiko infeksi penyakit yang disebabkan oleh kuman, bakteri dan virus.

Dengan persiapan kesehatan yang baik, maka perjalanan mudik Anda dapat terasa lebih nyaman sampai ke kota tujuan. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami. Selamat bermudik![](JF)


Ditulis oleh:

dr. Jessica Florencia

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com

 

0 Komentar

Belum ada komentar