HomeIbu Dan anakKesehatan AnakTips Membiasakan Anak Rajin Belajar
Kesehatan Anak

Tips Membiasakan Anak Rajin Belajar

Klikdokter, 02 Jul 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tips Membiasakan Anak Rajin Belajar. Kebiasaan rajin belajar harus dipupuk sejak dini. Pada dasarnya, anak suka bermain daripada belajar. Main boleh saja. Tapi harus dibuat waktunya. Ketika sore, biarkan mereka bermain dengan teman-temannya. Ketika waktun

Tips Membiasakan Anak Rajin Belajar

Kebiasaan rajin belajar harus dipupuk sejak dini. Pada dasarnya, anak suka bermain daripada belajar. Main boleh saja. Tapi harus dibuat waktunya. Ketika sore, biarkan mereka bermain dengan teman-temannya. Ketika waktunya belajar, mereka harus berhenti bermain. Sebagai orangtua, kita harus tegas. Anak harus dibiasakan untuk belajar. Karena begitu mereka terbiasa, ketika besar, akan mudah untuk melakukannya.

Tentunya, dengan memaksa mereka tidak akan berhasil. Cara paksaan malah membuat mereka antipati. Akibatnya, mereka akan malas belajar. Berikut beberapa saran untuk membiasakan anak mau belajar:

1. Buat Belajar Nyaman

Proses belajar tidak harus dalam suasana sepi. Anda bisa menyalakan musik untuk membuat suasana belajar nyaman untuk mereka. Pilih musik yang pelan dan tenang. Beberapa orang menyarankan jangan menyetel musik dengan banyak lirik. Ini hanya akan membuat mereka teralihkan.

2. Batasi TV dan Internet

Sehari cukup 2 jam saja untuk mereka melihat TV atau Internet. Gantikan dengan membaca atau bermain bersama Anda. Dengan begini, otak mereka akan berkembang lebih cepat daripada nonton TV atau main Internet.

3. Pilihlah Mainan yang Dapat Menstimulasi Otak Anak

6 Faktor yang Mempengaruhi  Perkembangan Otak Anak

Anak jaman sekarang terbiasa main game di gadget. Tapi pilih mainan yang bisa mengembang daya pikir mereka. Disarankan untuk memilih game tentang puzzle, bangun ruang, atau interactive books. Anak bisa belajar dan bermain secara bersamaan.

4. Istirahat yang Cukup

Pastikan anak mendapatkan tidur dan istirahat yang cukup. Jangan ganggu mereka tidur kalau tidak ada hal yang penting. Istirahat yang cukup akan menambah konsentrasi dan fokus belajar.

Artikel lainnya: Biasakan Anak Gemar Membaca, Ini Manfaatnya

5. Beri Makanan yang Sehat

Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan amat penting untuk pertumbuhan otak anak. Sayur bayam dan buah alpukat tinggi asam folat yang bagus untuk membantu perkembangan otak. Keduanya juga tinggi zat besi dan energi agar anak tidak mudah lelah.

Jika si kecil ada masalah dengan nafsu makan atau sangat pemilih dalam mengkonsumsi makanan, ada baiknya diberikan multivitamin bagus untuk menbantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

8 Sumber Makanan Sehat yang Kaya Omega-6

Pilihlah multivitamin yang terbuat dari bahan alami dan herbal. Salah satu multivitamin yang cocok untuk anak adalah Curcuma Fruit & Veggie. Dengan kandungan ekstrak curcuma dan 11 ekstrak buah dan sayuran, Curcuma Fruit & Veggie akan memastikan tumbuh kembang anak maksimal. Atau Curcuma Plus Sharpy dengan kandungan DHA+EPA untuk membantunya dalam belajar.

Nah, tidak sulit kan membiasakan anak untuk rajin belajar? Lagipula kita sendiri kan yang bangga bila anak berprestasi di sekolah.

Artikel lainnya: Orang Tua Gemar Bacakan Dongeng Bikin Anak Lebih Cerdas?

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](HM/DA)

Perkembangan Anak BalitaTips Membiasakan Anak Rajin Belajar

Konsultasi Dokter Terkait