Sukses

Kreatif dalam Membuat Anak Belajar Tanpa Merasa Diajar

Di kala kesibukan memuncak, salah satu kekecewaan sebagai orangtua adalah tidak mendampingi Anak belajar. Padahal salah satu hal yang membuat anak belajar adalah bersama orangtuanya. Kita bisa membangun sebuah kedekatan ketika kita meneruskan pengetahuan.

KLIKDOKTER.comDi kala kesibukan memuncak, salah satu kekecewaan sebagai orangtua adalah tidak mendampingi Anak belajar. Padahal salah satu hal yang membuat anak belajar adalah bersama orangtuanya. Kita bisa membangun sebuah kedekatan ketika kita meneruskan pengetahuan. Bahkan kita pun bisa belajar sesuatu dari anak dalam proses ini.

Alangkah baiknya bila kita meluangkan waktu, meskipun sejenak, untuk membantunya belajar sesuatu. Tidak harus dipatok waktunya. Kapan pun bisa.

  1. Mendongeng.
    Semua buku tentang parenting menganjurkan kita untuk membacakan cerita sebelum tidur. Namun alangkah lebih baik kalau Anda menambahkan cerita itu dengan sesuatu yang bisa menambah pengetahuan bagi anak. Misalnya, ketika Anda menceritakan dongen Putri Tidur. Anda bisa bercerita tentang Ksatria Inggris, kuda, sains dalam sulap. Dengan begitu, pengetahuan anak Anda bisa bertambah sekaligus membuat Anda dan anak semakin dekat.

  2. Jalan-jalan di Taman
    Belajar tidak harus di dalam rumah. Seluruh dunia adalah lautan ilmu. Ajak anak Anda jalan-jalan keluar rumah. Petik daun dan berceritalah tentang klorofil atau menghitung jumlah daun yang ia ambil. Melihat awan sambil menebak binatang apa yang mirip dengan bentuk awan. Ajarkan anak tentang bentuk kotak, persegi panjang, segitiga dari hal-hal yang Anda lihat bersama. Gunakanlah alam ini sebagai alat belajar.

  3. Bernyanyi
    Lagu adalah salah satu alat belajar yang paling menyenangkan. Ada beberapa lagu anak yang bisa Anda dan anak nyanyikan bersama, seperti nama-nama hari, atau nama-nama huruf. Tapi coba sesekali gunakan kreatifitas Anda. Ubah lirik lagu yang populer dengan hal-hal yang membantu menambah pengetahuannya. Bisa saja kan lirik Peter Pan diganti liriknya tentang menghitung? Kembangkanlah kreatifitas Anda sebesar-besarnya. Tak ada batas.

  4. Main Game Console
    Tidak ada salahnya kok membiarkan anak menonton main game. Tapi temani anak Anda. Ketika melihat angka di layar game, suruh anak Anda menebaknya. Bila bermain game sport, ajak anak Anda ikut menghitung skor. Ceritakanlah tentang kisah hidup seorang pemain olahraga terkenal tentang bagaimana ia bisa berhasil. Bermain game bisa menjadi hal yang positif bisa Anda menggunakan kreatifitas dalam bercerita.

Supaya makin perkembangan dan pertumbuhan anak Anda maksimal, jangan lupa untuk memberikan anak Anda Curcuma Fruit dan Veggie. Dengan ekstrak curcuma dan 11 ekstrak buah dan sayuran, Curcuma Fruit dan Veggie dapat membantu memperbaiki nafsu makan pada anak sebagai tambahan energi yang membantu proses belajar anak.

Bikin proses belajar anak menjadi hal yang menyenangkan untuk mengembangkan pengetahuannya, kemampuannya, potensinya. Mudah kok. Yang dibutuhkan hanya sedikit kreatifitas dari Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar