Sukses

Bisakah Diabetes Melitus Tipe 1 Disembuhkan?

Para peneliti berjuang keras untuk memunculkan solusi bagi para penderita DM tipe 1, mereka akhirnya menemukan Heatshock protein, dipercaya ketika protein ini disuntikkan ke dalam tubuh manusia, ia akan berperan sebagai umpan bagi sistem imun kita, alhasi

Klikdokter.com - Diabetes tipe 1 telah bertahun-tahun menjadi pergumulan dalam dunia medis. Sistem imun penderita DM tipe 1 menyerang sel beta pada pankreas yang bertugas memproduksi insulin. Insulin inilah yang bertugas mengubah gula menjadi energi bagi sel-sel tubuh kita. Akibatnya, penderita DM tipe 1 harus menyuntukkan insulin setiap sebelum mereka makan, tentu bukan hal yang mudah. (Baca: Apa Itu Insulin?)

 

Lalu bisakah DM tipe 1 disembuhkan?

Para peneliti berjuang keras untuk memunculkan solusi bagi para penderita DM tipe 1, mereka akhirnya menemukan Heatshock protein, dipercaya ketika protein ini disuntikkan ke dalam tubuh manusia, ia akan berperan sebagai umpan bagi sistem imun kita, alhasil bukan sel beta pankreas yang dihancurkan melainkan protein baru ini. (Baca: Pankreas & Diabetes)

Hal ini tentu bagai angin sejuk bagi para penderita DM tipe 1, tetapi tunggu dulu, terapi ini hanya akan berkhasiat pada mereka yang masih memiliki sel beta pankreas yang masih hidup, sayangnya sebagian besar penderita DM tipe 1 telah kehilangan seluruh sel beta pankreasnya.

Lalu bagaimana kita menyikapi hal ini?

Skrining sejak usia muda adalah satu-satunya jalan untuk mempertahankan sel beta pankreas. Sekali lagi amat disayangkan tidak semua orang sadar akan pentingnya skrining ini, belum lagi biaya skrining yang tidak murah. Jadi, DM tipe 1 bukanlah penyakit yang bisa disembuhkan, melainkan penyakit yang bisa diatasi untuk menghadirkan kualitas hidup yang terbaik bagi para penderitanya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AK)

 

Baca juga:

Inilah 6 Komplikasi Diabetes Paling Sering Terjadi

Masalah Seks Penderita Diabetes

Mencegah Luka Pada Pasien Diabetes

 

Ditulis oleh:

dr. Adithia Kwee

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com

 

1 Komentar