Sukses

Tips Sehat Menyimpan Makanan di Kulkas

Tips Sehat Menyimpan Makanan di Kulkas. Salah satu faktor yang paling penting dalam melakukan pola makan yang sehat adalah penyimpanan makanan. Salah penyimpanan makanan, bisa-bisa kandungan nutrisi yang sudah alami dimiliki makanan sehat malah berkurang.

Klikdokter.com - Salah satu faktor yang paling penting dalam melakukan pola makan yang sehat adalah penyimpanan makanan. Salah penyimpanan makanan, bisa-bisa kandungan nutrisi yang sudah alami dimiliki makanan sehat malah berkurang. Dalam soal penyimpanan makanan, kulkas menjadi pilihan. Karena selain dapat menjaga kesegaran lebih lama dari makanan, kulkas juga menurunkan risiko pertumbuhan bakteri yang mudah berkembang dalam suhu ruangan pada makanan.

Bagaimana caranya? Ikutilah beberapa tips berikut ini untuk menyimpan bahan makanan sehat Anda di kulkas.

Kategori daging, ikan & unggas.
  • Untuk penyimpanan daging, ikan dan unggas disarankan tidak untuk membuka kemasan platik ketat dari toko swalayan. Namun jika Anda membeli daging, ikan dan unggas tanpa kemasan, disarankan untuk menempatkan terlebih dahulu dalam wadah yang memungkinkan tertutup. Wadah tertutup untuk menghindari paparan aroma amis dan mencegah tetesan ke makanan lain dari ketiga makanan ini.
  • Disarankan menempatkan daging, ikan dan unggas berada dalam posisi yang memiliki suhu terendah (paling dingin) di kulkas.

Produk susu & olahan turunannya.

  • Jika Anda berencana menyimpan susu dalam waktu lama, ada baiknya untuk memindahkannya dari kemasan karton ke botol kaca atau plastik. Kemasan karton lebih memungkinkan pertumbuhan bakteri pada susu dibandingkan di dalam kemasan susu.
  • Jika Anda berniat untuk menggunakan berulang-ulang keju kemasan, bungkus kembali dengan alumunium foil.

Buah & sayuran.

  • Hindari penempatan buah dan sayuran di tempat yang sama. Karena buah dan sayuran melepas ekses gas yang masing-masing berbeda.
  • Cucilah buah atau sayur begitu siap digunakan, bukan mencuci persis sebelum masuk ke kulkas. Karena pencucian buah dan sayur sebelum masuk ke kulkas dapat merusak kelembaban buah dan sayur sehingga lebih cepat membusuk.
Makanan sisa.
  • Tempatkan makanan sisa yang hendak disantap dikemudian waktu di wadah yang tertutup dengan baik dan anti bocor.

Makanan Baru Masak.
  • Jangan memasukan makanan yang masih panas ke dalam kulkas. Dinginkan dahulu selama 2 jam atau setidaknya mencapai suhu ruangan.
Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](DA)

0 Komentar

Belum ada komentar