Sukses

Waspada Ruam Popok Bayi!

Buah hati Anda rewel? Terus menangis? Coba Anda tengok bokongnya dengan seksama. Jika Anda menemukan bokong si kecil penuh dengan bercak-bercak merah dan basah, mungkin saja bayi Anda mengalami ruam popok.

Oleh: dr. Jessica Florencia

Klikdokter.com - Buah hati Anda rewel? Terus menangis? Coba Anda tengok bokongnya dengan seksama. Jika Anda menemukan bokong si kecil penuh dengan bercak-bercak merah dan basah, mungkin saja bayi Anda mengalami ruam popok.

Ruam popok adalah suatu kondisi kulit yang teriritasi sehingga muncul bercak-bercak merah cerah yang tidak nyaman bagi bayi. Ruam popok biasanya disebabkan karena:

  1. Popok yang jarang diganti
  2. Bayi sedang mengalami diare
  3. Penggunaan produk popok baru yang lain dari biasanya
  4. Ukuran popok yang terlalu kecil dan ketat
  5. Penggunaan produk kulit bayi yang lain dari biasanya
  6. Ketika bayi mulai makan makanan padat
  7. Kulit yang sensitif

Untuk mencegahnya, Ibu perlu mengganti popok bayi dengan teratur dan sering. Jangan biarkan buah hati Anda menggunakan popok yang basah dan kotor berlama-lama. Pastikan Anda membersihkan bokong bayi dengan air bersih dan mengeringkannya setiap kali hendak mengganti popok. Hindari penggunaan tissue basah yang mengandung pewangi atau alkohol. Bila bayi sedang mengalami diare sebaiknya Ibu lebih sering lagi mengganti popok bayi.

Sediakan waktu agar bayi bebas dari popok sehingga kulit bokong bayi dapat kering cukup lama, misalkan pada saat tidur siang. Gunakan alas yang besar dan mudah dibersihkan untuk mengantisipasi kotoran dan pipis bayi. Ingat, senantiasa jagalah kebersihan tempat tidur bayi dengan mencuci sprei dan perlak secara rutin.

Pada dasarnya terdapat dua tipe popok yang umum digunakan dewasa ini, antara lain:

  1. Popok sekali pakai
    Bila Ibu sudah menemukan produk popok yang cocok untuk bayi, sebaiknya tidak sering berganti-ganti produk karena tidak setiap produk cocok untuk buah hati Anda. Pilihlah ukuran popok yang pas, jangan terlalu kecil atau terlalu besar.

  2. Popok kain
    Bila Ibu menggunakan popok kain, popok kain harus dicuci dengan teratur dan sering. Hindari mencuci dengan deterjen yang keras dan mengandung pewangi. Bahkan bila perlu bilas popok beberapa kali untuk menghilangkan sisa-sisa deterjen atau komponen pewangi dari popok.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.[](JF)


0 Komentar

Belum ada komentar