Sukses

Gigi Sehat Terawat dengan Terapi Laser

Keberadaan laser dalam bidang kedokteran gigi sangat membantu, yang tentu saja penggunaannya memerlukan keterampilan, kemampuan serta pengetahuan yang mumpuni dari dokter gigi.

Klikdokter.com - Sejak ditemukan laser telah digunakan dalam berbagai aspek kehidupan. Tidak hanya dalam bidang militer saja laser digunakan,  tetapi juga dipakai dalam industri musik untuk video dan piringan hitam. Penggunaan laser dalam bidang kedokteran juga cukup luas dan terus berkembang.  Selain dalam bidang kedokteran gigi, laser juga digunakan dalam bidang kebidanan, fisioterapi, dermatologi, optamologi (Baca: Serba-serbi Lasik) bahkan kedokteran hewan pun menggunakan laser. Beberapa contoh laser yang digunakan dalam bidang kedokteran seperti:

-          Laser Dye untuk dermatologi.

-          Laser Nd: YAG untuk bidang bronkoskopi, onkologi dan optamologi.

-          Laser He-Ne terapi penyembuhan.

-          Laser CO2 untuk pembedahan.

-          Laser GaAIAs mempercepat penyembuhan.

-          Laser Excimeruntuk bidang optamologi dan dermatologi.

Keberadaan laser dalam bidang kedokteran gigi sangat membantu, yang tentu saja penggunaannya memerlukan keterampilan, kemampuan serta pengetahuan yang mumpuni dari dokter gigi. Dapat dikatakan penggunaan laser dalam kedokteran gigi sekarang ini masih cukup jarang, hal ini disebabkan karena mahalnya alat laser tersebut. Berikut beberapa kegunaan laser dalam bidang kedokteran gigi.

-            Laser CO2

Digunakan untuk kuret pada gusi yang mengalami keradangan dan membuang gusi yang nekrotik (gingivektomi) dan dalam tindakan bedah mulut lainnya seperti implan gigi. Lesi /luka prekanker dalam mulut juga dapat diambil dengan menggunakan laser ini.

-            Laser ND.YAG

Digunakan untuk membuang bagian gigi yang terlah rusak/karies dan selain itu digunakan juga untuk mengontrol perdarahan dan rasa sakit yang terjadi pada saat proses tindakan pembedahan gusi.  Laser ini juga dapat digunakan untuk terapi kelainan syaraf/neurologik seperti pada kelainan facial palsy. Pada bidang ortodontik/kawat gigi laser jenis ini dapat digunakan untuk membantu merekatkan braket pada gigi.

-            Laser He-Ne

Membantu menghilangkan bakteri pada saluran akar gigi dalam proses perawatan gigi yang telah terkontaminasi oleh bakteri.

-            Laser  Ar F Excimer

Digunakan untuk terapi  penyakit osteoatritis pada sendi tulang rahang.

-            Laser Argon

Digunakan untuk membantu proses penambalan dengan bahan tambal tertentu.

-            Memutihkan Gigi

Terapi laser untuk memutihkan gigi. (Baca: Mendapatkan Gigi Putih Instan dengan Laser)

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AM

Baca juga:

7 Tips Merawat Gigi & Mulut

Cara Dapat Gigi Putih

3 Alasan Tidak Melewatkan Sikat Gigi di Malam Hari

Ditulis oleh:

drg. Arni Maharani

Anggota Dewan Redaksi Medis

Klikdokter.com 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar