Diabetes

6 Cara Jaga Kesehatan Gigi Penderita Diabetes

Klikdokter, 07 Mar 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Penyakit diabetes atau yang dikenal juga dengan penyakit kencing manis, ternyata juga mempengaruhi kesehatan mulut dan gigi penderitanya. Beberapa gangguan ditemukan dalam rongga mulut seperti infeksi jamur, keradangan gusi dan jaringan pendukung gigi, mu

6 Cara Jaga Kesehatan Gigi Penderita Diabetes

Penyakit diabetes atau yang dikenal juga dengan penyakit kencing manis, ternyata juga mempengaruhi kesehatan mulut dan gigi penderitanya. Beberapa gangguan ditemukan dalam rongga mulut seperti infeksi jamur, keradangan gusi dan jaringan pendukung gigi, mulut kering, bau mulut tidak sedap, dan timbulnya rasa sakit. Gejala serta kelainan didalam rongga mulut penderita penyakit diabetes ini tentu saja harus di tangani dengan baik dan dijaga agar jangan sampai bertambah parah.

5 Gangguan Gigi dan Mulut Ini Muncul Akibat Stres (Elnur/Shutterstock)

Secara umum penderita diabetes dituntut untuk menjaga pola makan, berolah raga, melakukan pola hidup sehat yang sesuai dengan anjuran dokter, kontrol gula darah dan minum obat secara teratur. Selain hal-hal tadi, diperlukan juga beberapa cara guna untuk menjaga kesehatan rongga mulut dan gigi pada penderita diabetes, yaitu:

  1. Gunakanlah sikat gigi yang berbulu lembut dan menyikat dengan metode yang benar.
  2. Jagalah kebersihan gigi dan mulut Anda dengan menyikat gigi 2 kali sehari dan membersihkan selah-selah gigi 1 kali sehari.
  3. Kontrol ke dokter gigi secara teratur minimal 6 bulan sekali dan informasikan ke dokter gigi yang Anda kunjungi mengenai keadaan penyakit Anda dan obat-obatan yang sedang dikonsumsi, diskusikan mengenai masalah kesehatan gigi dan mulut yang Anda alami dengan dokter gigi Anda serta sampaikan semua keluhan yang dirasa sekitar rongga mulut.
  4. Apabila Anda menggunakan gigi palsu maka sebaiknya bersihkan gigi palsu tersebut setiap hari.
  5. Jagalah kadar gula Anda agar terhindar dari infeksi jamur dalam rongga mulut.
  6. Apabila Anda mempunyai kebiasaan merokok maka sebaiknya segera dihentikan karena hal tersebut dapat memperbesar risiko infeksi jamur serta resiko keradangan jaringan pendukung gigi yaitu tulang dan gusi.

Artikel lainnya: Catat! Ini 4 Kebiasaan yang Pengaruhi Kesehatan Gigi

abrasi gigi

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AM

Artikel lainnya: 10 Fakta Unik Gigi yang Perlu Anda Ketahui


Ditulis oleh:

drg. Arni Maharani

Anggota Dewan Redaksi Medis

Klikdokter.com 

Penanganan DiabetesDiabetes Gigi

Konsultasi Dokter Terkait