Sukses

Jika Tangan Kotor

Jika tangan kotor, maka potensi ancaman penyakit semakin besar! Jika tangan kotor, bersihkanlah secepatnya. Jika tangan kotor, kita tidak pernah tahu, bakteri dan mikro-organisme apa yang dapat mengancam kelangsungan hidup kita

Jika tangan kotor, maka potensi ancaman penyakit semakin besar! Jika tangan kotor, bersihkanlah secepatnya. Jika tangan kotor, kita tidak pernah tahu, bakteri dan mikro-organisme apa yang dapat mengancam kelangsungan hidup kita.

Cara paling efektif untuk mencegah penyakit diare dan ISPA (infeksi saluran pernapasan akut) adalah tetap menjaga kebersihan tangan, dimana diare dan ISPA menjadi penyebab utama kematian anak-anak di seluruh dunia.

Telah banyak fakta yang mengemuka mengenai kebaikan mencuci tangan, tindakan menjaga kesehatan dan kebersihan seperti - mencuci tangan sebelum dan sesudah makan/ buang air besar/kecil - dapat mengurangi tingkat infeksi hingga 25 persen. Sebuah penelitian di Pakistan juga menemukan bahwa mencuci tangan dengan sabun mengurangi infeksi saluran pernapasan yang berkaitan dengan pneumonia pada anak-anak balita hingga lebih dari 50 persen.

Sebanyak 3,5 juta anak-anak diseluruh dunia meninggal sebelum mencapai umur lima tahun setiap tahunnya dikarenakan oleh penyakit diare dan ISPA. Selain itu menjaga kebersihan tangan dapat juga melindungi kita dari ancaman:

Diare merupakan penyebab kematian kedua yang paling umum untuk anak-anak balita di seluruh dunia. Terdapat sedikitnya 30 penelitian yang mengemukakan fakta menjaga kebersihan tangan dapat memangkas angka penderita diare hingga separuh.

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)Infeksi saluran pernapasan adalah penyebab kematian utama untuk anak-anak balita. Mencuci tangan dengan sabun mengurangi angka infeksi saluran pernapasan.

  • Infeksi cacing, infeksi mata dan penyakit kulit. Penelitian juga telah membuktikan bahwa selain diare dan infeksi saluran pernapasan penggunaan sabun dalam mencuci tangan mengurangi kejadian penyakit kulit; infeksi mata seperti trakoma, dan cacingan khususnya untuk ascariasis dan trichuriasis.

SARS, Influenza, Avian Flu, bahkan A-H1N1 Menghentikan penyebaran kuman adalah cara terbaik untuk mencegah infeksi SARS, influenza, avian flu bahkan A-H1N1. Penting diingat, influenza menyebar dari manusia ke manusia dengan cara cepat sekali melalui batuk maupun bersin yang tersebar dari orang yang terinfeksi.

Salah satu cara efektif untuk menghambat penyebaran kuman adalah dengan mencuci tangan sesering mungkin. Setelah menutup bersin atau batuk dengan saputangan, berjabat tangan, menyentuh benda-benda yang berpotensi membawa banyak kuman (keyboard, mouse, setir mobil, setang motor, dll).[](DA)

0 Komentar

Belum ada komentar