HomeGaya hidupDiet dan NutrisiPenuhi Kulkas Anda dengan Buah dan Sayur
Diet dan Nutrisi

Penuhi Kulkas Anda dengan Buah dan Sayur

Klikdokter, 24 Feb 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Penuhi Kulkas Anda dengan Buah & Sayur. Jika Anda memenuhi kulkas dengan menu-menu yang sehat, Anda baru saja memenangkan separuh pertempuran melawan penyakit.

Penuhi Kulkas Anda dengan Buah dan Sayur

Jika Anda memenuhi kulkas dengan menu-menu yang sehat, Anda baru saja memenangkan separuh pertempuran melawan penyakit. Karena dari pengaturan pola makan adalah selangkah usaha menjauhkan Anda dari penyakit-penyakit degeneratif yang populer berkembang dewasa ini, antara lain seperti diabetes, hipertensi, stroke dan penyakit jantung koroner.

Kenapa di Kulkas?

Suhu ruangan tidak mampu menunda penurunan kualitas kesegaran buah dan sayuran. Dengan menyimpan menu makanan yang menyehatkan di kulkas, artinya Anda telah menyiapkan menu pola makan yang sehat untuk konsisten dalam jangka waktu yang lebih lama.

Jika Anda memenuhi kulkas dengan makanan yang tidak menyehatkan, seperti daging olahan, makanan tinggi kalori dan junk food lainnya, maka mind-set hidup sehat akan jauh dari terlaksana.

Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dipublikasikan melalui PLoS Medicine, The Effect of Chromosome 9p21 Variants on Cardiovascular Disease May Be Modified by Dietary Intake: Evidance from a Case/Control and a Prospective Study.

Dalam studi ini, mampu mendukung rekomendasi kesehatan publik US untuk mengkonsumsi buah dan sayuran segar lebih dari lima serving sizes yaitu sekitar 2.5 ukuran gelas penuh setiap hari sebagai pendukung tercapainya hidup sehat, ungkap Profesor Sonia Anand dari McMaster University, Kanada, sebagai salah satu peneliti.

Meskipun korelasi antara penurunan resiko jantung genetikal terhadap pola makan buah dan sayuran segar yang banyak tiap hari belum dapat ditemukan, namun tetap menjadikan temuan ini sebagai salah satu bukti pentingnya memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran segar pada masyarakat yang semakin terkontaminasi oleh makanan-makanan instan dan berlemak tinggi.

Kebutuhan tubuh akan asupan buah-buahan dan sayuran segar yang banyak ini, tidak hanya dikarenakan faktor vitamin saja, yang terkadang bisa digantikan dengan suplemen. Namun juga menjadi kompleks seperti sebagai sumber serat, anti oksidan, mineral dan zat-zat khusus / khas lainnya yang dimiliki oleh masing-masing buah atau sayuran semisal kandungan potassium dan kalium yang dapat kita temukan dalam buah pisang. Untuk itu perlunya kesadaran diri dalam meningkatkan asupan buah dan sayuran yang beragam setiap harinya sejak dini.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

Kamar Anak SehatBuah Sayur Kulkas Susu

Konsultasi Dokter Terkait