Sukses

Solusi Alergi Debu dan Dingin Karena AC

Solusi Alergi Debu dan Dingin Karena AC. Rendahnya kualitas piranti pengkondisi udara yang dipasangnya, menjadikan AC yang ada justru sebagai ?sarang? debu. Sehingga mengakibatkan udara yang tersikulasi dari AC bermasalah tersebut menjadi pencetus alergen

Klikdokter.com – Tidak sedikit diantara kita yang mengalami tingkat kepekaan tinggi terhadap suhu udara dingin dan debu pada suatu ruangan maupun lingkungan. Pada khususnya yang disebabkan oleh rendahnya kualitas piranti pengkondisi udara yang dipasangnya, menjadikan AC yang ada justru sebagai ‘sarang’ debu. Sehingga mengakibatkan udara yang tersikulasi dari AC bermasalah tersebut menjadi pencetus alergen debu.

Tanda-tanda alergi hidung (rhinitis alergi). Pasien dengan rhinitis alergi biasanya akan mengeluhkan gejala-gejala seperti bersin-bersin, keluarnya cairan dari hidung, rasa gatal pada hidung dan hidung tersumbat setiap kali hidung terpapar oleh alergen (zat/materi yang menyebabkan timbulnya alergi).

Terapi yang dapat dilakukan antara lain :

  1. Dengan menghindari kontak dengan alergen penyebab, dalam kasus ini  berarti udara dingin di pagi hari dan debu sebagai pencetus terjadinya alergi. Anda dapat menggunakan baju hangat ketika tidur, jangan menggunakan kipas angin atau AC yang bermasalah, hindari selimut untuk tidur guna menghindari paparan debu.

  2. Pengobatan, dengan menggunakan obat anti alergi golongan antihistamin H-1, yaitu obat yang sering dipakai sebagai lini pertama dalam pengobatan rhinitis alergi atau dengan kombinasi dekongestan oral. Obat golongan kortikosteroid dipilih jika tidak berhasil diatasi oleh obat lain. Pemberian obat-obatan dalam mengobati rhinitis alergi sebaiknya selalu berada di bawah pantauan dokter untuk menghindari efek samping yang dapat ditimbulkan akibat penggunaan obat yang tidak sesuai.

  3. Hal lainnya yang dapat Anda lakukan adalah mengganti alat pengkondisi udara Anda dengan AC yang memiliki fitur mampu menjaga kelembaban udara dan memiliki fitur elektrostatik yang dapat mengumpulkan debu mikroskopis yang berbahaya secara efektif.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](DA)

0 Komentar

Belum ada komentar