Sukses

Sprei Kotor, Awas Skabies!

Sprei Kotor, Awas Skabies!Salah satu yang penyakit yang mudah muncul dari kondisi tempat tidur yang kotor adalah skabies. Skabies hadir karena munculnya tungau atau kutu di tempat tidur yang lama tidak dibersihkan. Skabies adalah suatu bentuk penyakit kul

Oleh: dr. Salma Oktaria

Klikdokter.com – Tidak sedikit yang lupa akan kondisi kebersihan tempat tidurnya. Penatnya aktivitas membuat luput ingatan akan kebersihan kasur. Hal ini sangatlah berisiko, karena status kebersihan tempat tidur menjadi faktor penentu kesehatan kulit juga.

Salah satu yang penyakit yang mudah muncul dari kondisi tempat tidur yang kotor adalah skabies. Skabies hadir karena munculnya tungau atau kutu di tempat tidur yang lama tidak dibersihkan.

Skabies adalah suatu bentuk penyakit kulit yang disebabkan oleh sensitisasi terhadap parasit tungau kecil Sarcoptes scabiei var, hominis dan produknya. Skabies dikenali apabila ditemukan minimal dua dari keluhan-keluhan berikut:

  1. Rasa gatal di daerah lesi pada malam hari
  2. Umumnya terjadi dalam kelompok yang memiliki kontak dekat (seperti rumah, asrama, dsb)
  3. Adanya lesi (perlukaan) khas berupa terowongan putih atau keabuan rata-rata sepanjang 1 cm yang pada ujungnya terdapat lesi kulit seperti jerawat atau lenting. Umumnya terdapat di sela jari, pergelangan tangan, sisi lengan bawah bagian dalam, siku bagian luar, lipat ketiak, puting, pusar, bokong, kelamin dan perut bagian bawah.  
  4. Ditemukan adanya tungau baik dalam bentuk telur, larva ataupun tungau dewasa.

Permasalahannya adalah skabies seringkali menyerupai kelainan kulit lain yang juga memiliki keluhan gatal sehingga menyulitkan diagnosis, dan tentu saja, menyulitkan pengobatannya.

Skabies umumnya terjadi dalam kelompok yang memiliki kontak dekat. Sehingga meski anda telah diobati dan sembuh, infeksi skabies dapat terjadi kembali apabila di sekitar Anda masih ada orang yang menderita skabies, apalagi bila Anda menggunakan pakaian, handuk, atau tempat tidur yang sama.

Tips Menghindari Skabies:

  1. Cucilah pakaian dengan bersih dan rutin
  2. Jika Anda menggunakan kasur kapuk, jemurlah tempat kasur Anda dibawah terik sinar matahari setidaknya dua pekan sekali.
  3. Cucilah sprei dan bed cover yang Anda gunakan secara berkala.
  4. Hindari pemakaian alat sandang bersama / sharing dengan orang lain.
  5. Cucilah semua alat sandang Anda dengan baik dan benar, dengan alat cuci yang mendukung hasil kebersihan yang optimal.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik skabies, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](DA)

 

0 Komentar

Belum ada komentar