Sukses

Mencegah Ruam Kulit Pada Bayi

Mencegah Ruam Kulit Pada Bayi. Ruam kulit pada bayi menyebabkan bayi Anda lebih rewel. Belum lagi menyedihkan hati rasanya jika melihat sang buah hati tak berdaya menderita karena gatal-gatal akibat ruam kulit yang di deritanya. Ada beberapa faktor pencet

Oleh: dr. Jessica Florencia

Klikdokter.com – Ruam kulit pada bayi menyebabkan bayi Anda lebih rewel. Belum lagi menyedihkan hati rasanya jika melihat sang buah hati tak berdaya menderita karena gatal-gatal akibat ruam kulit yang di deritanya.

Ada beberapa faktor pencetus dan penyebab dari munculnya ruam kulit pada bayi. Antara lain:

  1. Popok yang jarang diganti
    Penyebab paling sering adalah ruam popok. Anda dapat mengantisipasinya dengan lebih sering mengganti popok pada bayi Anda. Dengan demikian kebersihannya terjaga dengan baik dari risiko paparan kotoran-kotoran pencetus ruam pada kulit.

  2. Alergi popok atau bahan pakaian lainnya

    Hindari pemakaian bahan pakaian dari serat sintetis atau wol. Gunakanlah bahan katun alami yang sekiranya lebih nyaman dikenakan bayi Anda. Perhatikan juga jenis popok yang Anda pakaikan pada si kecil. Pilihlah jenis popok yang tidak mengandung bahan pewangi yang dapat mencetuskan alergi.
  3. Ukuran popok atau pakaian yang terlalu kecil dan ketat
    Pakaian yang terlalu ketat dapat menimbulkan iritasi dan perlukaan (lecet) pada kulit bayi. Anda dapat menyesuaikan kembali ukuran pakaian yang sepantasnya.
  4. Penggunaan produk kulit bayi yang lain dari biasanya
    Kebanyakan produk kosmetik untuk bayi berisiko menimbulkan alergi karena mengandung alkohol. Anda dapat memilih produk krim untuk kulit bayi yang mengandung Eucerit, dimana Eucerit adalah lanolin alkohol yang telah mengalami pemurnian berkali-kali dalam berbagai tahap, sehingga pemakaiannya relatif aman, sekalipun untuk kulit bayi.
  5. Kulit yang sensitif
    Kuilt bayi yang sensitif tidak luput dari kondisi kulitnya yang berpotensi kering, terutama pada cuaca dingin dan jika sering terpapar AC. Iya, kulit bayi bisa juga mengalami kekeringan. Anda dapat menjaga kelembaban kulit bayi Anda dengan memberikannya produk krim untuk kulit yang mengandung glycerol dan Panthenol. Glycerol adalah bahan lubrikasi dan pelembab yang sudah umum digunakan di dunia medis, dan ditambah panthenol yang bermanfaat untuk penyerapannya ke dalam lapisan kulit.
Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](DA)

0 Komentar

Belum ada komentar