HomeIbu Dan anakKesehatan AnakMultivitamin untuk Anak Sulit Makan
Kesehatan Anak

Multivitamin untuk Anak Sulit Makan

Klikdokter, 01 Feb 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Multivitamin untuk Anak Sulit Makan. Apakah anak Anda sulit makan? sebaiknya diketahui dulu penyebab dari kurangnya nafsu makan anak Anda. Pada umumnya anak sulit makan dikarenakan berbagai macam faktor. Berawal dari anak mulai mandiri dan merasa berhak u

Multivitamin untuk Anak Sulit Makan

Apakah anak Anda sulit makan? sebaiknya diketahui dulu penyebab dari kurangnya nafsu makan anak Anda. Pada umumnya anak sulit makan dikarenakan berbagai macam faktor. Berawal dari anak mulai mandiri dan merasa berhak untuk mengatur selera makannya sampai adanya gangguan atau kelainan pola makan.

Perhatikan juga, apakah anak Anda sering sakit? Anak yang sering sakit umumnya memang berkurang selera makannya. Bila anak sering sakit, ada baiknya periksa ke dokter anak, sebab bisa jadi ada proses yang sifatnya kronis, atau bisa juga ada masalah lain yang belum diketahui, misalnya ada suatu infeksi.

Beberapa hal yang dapat Kami sarankan untuk membuat anak Anda mau makan diantaranya:

1. Mengurangi camilan yang membuat anak kenyang

Jangan biarkan anak terlalu sering memakan makanan kecil di luar makanan utama karena dapat menyebabkan anak kenyang.

2. Buat suasana makan yang menyenangkan bagi anak

Buatlah suasana yang menimbulkan anggapan bahwa makan adalah sesuatu yang menyenangkan. Jangan cepat menyerah jika anak tidak menyukai makanan yang kita tawarkan. Coba ulangi lagi dengan suasana yang berbeda

3. Berikan jadwal

Waktu Makan yang Tepat agar Tubuh Tetap Sehat (tuthelens/123rf)


Berikan jadwal makan teratur dalam jumlah yang kecil, jangan paksa anak menghabiskan makanannya

4. Jangan cemas & khawatir

Hindari menunjukkan wajah khawatir atau marah ketika anak tidak mau makan. Perhatian terhadap kelakuan anak yang kurang baik justru dapat membuat anak terus melakukannya lagi

5. Beri pujian

Bila anak mau makan atau mau menghabiskan makanannya maka berilah pujian

6. Pantau asupan minum sebelum makan

Jangan biarkan anak minum dalam jumlah banyak sesaat sebelum makan. Minum dapat membuat kenyang dan membuat anak tidak mau makan.

7. Penuhi kebutuhan nutrisinya

Asupan Nutrisi yang Paling Baik untuk Anak

Di luar hal-hal tersebut, kekurangan asupan vitamin, khususnya kompleks vitamin B dan vitamin C, dapat mengakibatkan penurunan nafsu makan. Sebetulnya vitamin tidak memiliki efek pada nafsu makan tapi membantu tubuh dalam menggunakan atau menyerap nutrien dari makanan. Karena itu, dengan mengembalikan keseimbangan vitamin dalam tubuh, nafsu makan dapat meningkat.

Jika keseimbangan vitamin belum dapat dicapai dengan makanan yang sehari-hari dimakan, Anda dapat membantunya dengan memberikan suplemen multivitamin untuk anak. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir untuk memberikan suplemen multivitamin untuk anak Anda, jika Anda merasa bahwa asupan zat gizinya dinilai kurang dari makanan-makanan yang dikonsumsinya.

Artikel lainnya: Cara Ampuh Mengatasi Anak Susah Makan Sayur

Namun, Anda perlu hati-hati dalam memberikan suplemen bagi bayi berusia dibawah 1 tahun. Gunakanlah suplemen multivitamin untuk anak dengan dosis yang disesuaikan untuk anak usia dibawah 1 tahun, bacalah petunjuk pemakaiannya. Anda tidak perlu menggunakan dua jenis suplemen jika kedua suplemen tersebut memiliki kandungan yang hampir sama. Karena itu, sebelum memberikan suplemen multivitamin untuk anak Anda, ada baiknya jika Anda membaca terlebih dahulu kandungannya dan cara pakainya.

Jika nafsu makan anak Anda sudah kembali, Anda dapat menghentikan penggunaan multivitamin karena kebutuhan vitamin anak Anda sudah cukup terpenuhi dari makanan yang dikonsumsinya sehari-hari. Kami sarankan untuk jenis vitamin yang tepat untuk anak coba konsultasikan dahulu dengan dokter spesialis anak.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik multivitamin untuk anak sulit makan, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](EA)

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia

Artikel lainnya: Anak Tak Mau Makan dan Susah Menelan, Waspada Penyakit Herpangina

Makanan BalitaMultivitamin Untuk Anak Sulit Makan

Konsultasi Dokter Terkait