Sukses

Kulit Lebih Sehat di Tahun Baru

Siapa yang tidak ingin merasa lebih baik dari waktu-waktu sebelumnya? Tentunya kebanyakan dari kita ingin merasa lebih baik dari sebelumnya, bukan? Apalagi jika kita bicara soal penampilan. Ingin tampil lebih menarik, ingin tampil lebih baik dan tentunya sekaligus ingin tampil lebih sehat. Simak tips-tipsnya disini!

Klikdokter.com – Siapa yang tidak ingin merasa lebih baik dari waktu-waktu sebelumnya? Tentunya kebanyakan dari kita ingin merasa lebih baik dari sebelumnya, bukan? Apalagi jika kita bicara soal penampilan. Ingin tampil lebih menarik, ingin tampil lebih baik dan tentunya sekaligus ingin tampil lebih sehat. Bagi Anda yang memiliki tekad memperbaiki penampilan di tahun baru 2014 ini, maka simak tips-tips perawatan berikut ini:

1.       Jauhi Kebiasaan Buruk untuk Kulit

-          Hindari stres

Pada kondisi stres, tubuh akan mengeluarkan suatu hormon yang dihasilkan oleh syaraf kulit yang disebut dengan neuropeptida. Hormon ini sebenarnya berfungsi untuk melindungi kulit, dengan cara menimbulkan reaksi peradangan dan sensasi tidak nyaman pada kulit, seperti gatal, nyeri, dan lain-lain. Namun karena kondisi stres, kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif, sehingga dapat memperparah kelainan kulit yang sudah ada sebelumnya. Jadi untuk menghindari stres, Anda dapat melakukan aktivitas relaksasi seperti yoga atau pemijatan. Anda dapat melakukan pemijatan ringan dengan menggunakan krim untuk kulit yang mengandung glycerol, eucerit dan panthenol. Glycerol selain bersifat melubrikasi, juga sekaligus memberikan manfaat melembabkan kulit. Panthenol dan eucerit juga merupakan zat nutrisi yang sangat dibutuhkan kesehatan kulit Anda 

-          Hindari rokok

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada 79 pasang saudara kembar oleh Departeman bedah plastik di Case Western Reserve University, perokok cenderung memiliki kantung mata dan garis keriput yang lebih jelas dan lebih banyak dibanding bukan perokok. Penelitian tersebut membandingkan sepasang saudara kembar, yang satu merokok, dan satu lagi tidak merokok.

-          Hindari matahari dan polusi

Sinar ultraviolet, meskipun tidak dapat dilihat oleh mata manusia, merupakan bagian dari sinar matahari yang sangat berpengaruh pada kulit. Sinar UV dalam jumlah kecil bermanfaat karena membantu tubuh menghasilkan Vitamin D. Meskipun begitu, sinar UV dalam jumlah besar merusak asam deoxyribonucleid (DNA-bahan genetik tubuh) dan merubah jumlah dan jenis kimia yang membuat sel kulit. Perubahan ini bertanggungjawab untuk mempengaruhi kerusakan oleh sinar UV, termasuk pembakaran, penuaan kulit prematur, berkerut, dan kanker kulit. Jadi jangan lupa gunakan sunscreen atau sunblock jika melakukan aktivitas diluar ruangan (outdoor activity).

2.       Pilih Menu Makan yang sehat.

-          Sayur dan buah-buahan

Cobalah makan protein bersumber dari tanaman seperti kedelai, kacang-kacangan. Banyak makan sayur dan buah, makan gandum dan coba kurangi kandungan lemak dalam diet Anda.

-          Produk susu

Yogurt dengan rendah lemak dan keju, memliki kandungan sama seperti bayam yaitu merupakan sumber vitamin A yang baik untuk kulit. Disamping itu, yogurt mengandung bacterium acidopholus yang membantu dalam proses pencernaan dan kesehatan dari saluran pencernaan yang dikaitkan dengan kesehatan kulit. Keju memiliki kadar selenium merupakan mineral yang dapat membuat kulit menjadi segar dan lembut.

-          Kacang-kacangan

Dari banyak jenis kacang, hanya kacang Brazil yang sehat untuk kulit oleh karena produksi selenium oleh kacang jenis ini. Selenium selain dapat membuat kulit sehat, dapat juga memicu sintesis dari gluthathione. Sama seperti antioksidan yang terdapat dalam sayuran dan buah, gluthatione dapat menghilangkan sel kulit mati. Namun demikian, pastikan Anda tidak alergi terhadap kacang terlebih dahulu.

-          Ikan-ikanan

Mengkonsumsi ikan setiap hari merupakan cara lain untuk menambah jumlah selenium ke dalam diet sehari-hari. Ikan segar mengandung selenium dan omega-3 yang peting dalam mencegah kulit keriput dan melembutkan kulit serta mengunrangi peradangan kulit.

3.       Bersihkan Kulit Wajah Lebih Teratur

-          Berapa dalam seharikah mencuci wajah?

Frekuensi mencuci wajah perlu disesuaikan dengan jenis kulit, jenis pembersih dan aktivitas. Umumnya 2 hingga 3 kali sehari merupakan rata-rata. Jika menggunakan tata rias yang berat maka dibutuhkan pembersih wajah yang lebih spesifik seperti susu pembersih (milk cleansing) ditambah toner. Pembersih dengan scrub tidak dianjurkan sering dipakai.

-          Adakah suhu air yang direkomendasikan?

Sebaiknya menggunakan air suam-suam kuku dan dikeringkan dengan menepuk-nepuk dengan lembut menggunakan handuk. Hindari menggosok dan mengusap.

-          Bagaimana mencuci wajah yang benar?

Sebaiknya mencuci wajah dengan arah mengikuti garis wajah, memutar ke arah atas sebagai sekaligus sarana pemijatan untuk relaksasi.

4.       Lakukan Perawatan Malam

-          Crème malam

Kulit merupakan organ terbesar manusia. Luas organ kulit pada orang dewasa dapat mencapai 2 meter persegi dengan berat mencapai 3,6 kilogram. Dengan ukurannya yang besar dan melindungi seluruh tubuh, fungsi kulit kita adalah sebagai pelindung terhadap air, suhu yang ekstrim, sinar matahari dan bahan-bahan kimia. Sebagai bagian tubuh yang paling luar, kulit merupakan salah satu organ yang paling banyak terpengaruh oleh kondisi sekitar. Tidak akan luput dari paparan sinar UV matahari, polusi udara, rokok, debu, kotoran, bakteri, kuman, virus, penggunaan kosmetik berlebihan, dan lainnya. Dan ketika kulit terpapar bertubi-tubi hal tersebut, kulit menjadi stres dan relaksasi diperlukan guna mencegah kerusakan kulit lebih lanjut.

Anda dapat meluangkan waktu Anda sesaat sebelum tidur dengan cara melakukan pijatan lembut kepada kulit dengan krim untuk kulit. Sangat disarankan Anda untuk menggunakan krim untuk kulit yang memiliki kandungan Eucerit, panthenol dan glycerol. Dimana penggunaan trio kombinasi dari kandungan tersebut secara rutin, akan menjadikan kulit Anda terjaga kelembapannya dan menjadi relaks.

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami. Budayakan hidup sehat sebagai kebutuhan![](ADV/DA)

 

 

BACA JUGA

Kiat Memperoleh Kulit Sehat
Perawatan Kulit Segar
Cantik Sehat dan Alami
Memilih Kosmetik yang Aman

 

0 Komentar

Belum ada komentar