HomeInfo SehatKulitPenuaan Dini & Penyebabnya
Kulit

Penuaan Dini & Penyebabnya

dr. Jessica Florencia, Sp.PK, 27 Nov 2013

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Penuaan dini merupakan suatu proses penuaan yang terjadi jauh lebih cepat sebelum proses penuaan itu sendiri. Terjadinya secara alami seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini paling mudah terlihat dari kondisi kulit...

Penuaan Dini & Penyebabnya

KLIKDOKTER.com - Penuaan dini merupakan suatu proses penuaan yang terjadi jauh lebih cepat sebelum proses penuaan itu sendiri. Terjadinya secara alami seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini paling mudah terlihat dari kondisi kulit.

Secara alami, kulit akan mengalami penuaan seiring bertambahnya usia, hal ini dipengaruhi oleh faktor dari dalam tubuh kita. Namun, proses penuaan biasanya terjadi dengan ‘anggun’ dan perlahan. Kulit yang menua secara alami akan tetap halus dan tanpa pigmentasi dengan penegasan garis ekspresi wajah pada beberapa tempat.

  1. Faktor dari dalam tubuhFaktor dari dalam tubuh merupakan faktor yang tidak dapat dihindari karena berkaitan dengan pengaruh genetik dan hormon. Dengan bertambahnya usia maka kondisi tubuh, termasuk kulit akan mengalami penurunan.

  • Berkurangnya hormon estrogen dan kolagenHormon estrogen telah diteliti berperan dalam pembentukan kolagen kulit. Menurunnya produksi hormon estrogen seiring pertambahan usia menyebabkan turunnya produksi kolagen. Hal ini berkontribusi terhadap terjadinya kulit yang lebih tipis dan kering, munculnya keriput atau penegasan garis ekspresi wajah yang dan berkurangnya kekenyalan kulit seiring dengan bertambahnya usia.

  • Faktor dari luar tubuhSedangkan, kulit yang mengalami penuaan dini akan menunjukkan gejala penuaan yang lebih buruk daripada kulit yang mengalami penuaan secara alami. Hal ini dipengaruhi oleh faktor dari luar tubuh. Kulit yang mengalami penuaan dini akan tampak kusam, berbintik-bintik atau dengan noda kehitaman pada kulit dan berkerut pada banyak tempat. Perubahan ini juga lebih nyata terjadi pada daerah-daerah tubuh dengan kulit yang terpapar. Pencetusnya bisa berasal dari paparan sinar ultra violet yang lama, polusi udara, dan lain sebagainya.

  • Secara hakiki penuaan itu sifatnya mutlak. Namun bukan berarti kita tidak dapat memperlambat dan menunda proses penuaan. Banyak hal dan kiat yang bisa kita lakukan untuk memperlambat proses penuaan pada tubuh kita. Antara lain menjaga kesehatan tubuh dengan disiplin, makan dengan pola makan yang sehat, menghindari stress dan lain sebagainya.

    Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitu Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.[](JF)

    Anti AgingPenyebab Tips Mengatasi Penuaan Dini

    Konsultasi Dokter Terkait