Sukses

Memilih KB yang Tepat

Apakah KB yg cocok buat saya pasca sesar dgn kasus robekan rahim, krn sebelumnya saya KB 3bln,apakah penggunaan KB apabila badan saya melar apakah nanti pengaruh ke rahim saya dok?

Oleh: dr. Adithia Kwee - KLIKDOKTER.com

Tanya:

Apakah KB yg cocok buat saya pasca sesar dgn kasus robekan rahim, krn sebelumnya saya KB 3bln,apakah penggunaan KB apabila badan saya melar apakah nanti pengaruh ke rahim saya dok?

Jawab:

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Banyak sekali jenis KB yang dapat digunakan. KB yang digunakan tergantung dari usia Anda, Ingin memiliki Anak lagi atau tidak, dan sebagainya. Kalau saya pribadi menyarankan penggunakan IUD. KB jenis ini tidak permanen, dan tidak menggangu hormonal Anda. 

Jenis KB spiral atau IUD sebenarnya bermacam-macam sehingga waktu pemakaiannya pun tergantung jenis yang Anda pakai. Secara umum, pemakaian KB spiral atau IUD biasanya dianjurkan diganti antara 5-10 tahun, tergantung jenis alatnya. Sehingga berdasarkan cerita Anda, mungkin ada baiknya Anda kontrol KB ke dokter kandungan atau bidan pada tahun ini untuk memastikan penggantian KB Anda. 

Adapun KB spiral tidak memiliki efek mengurangi kesuburan, sehingga segera setelah dilepaskan tingkat kesuburan Anda akan kembali normal, sehingga kemungkinan hamil lagi pun akan sangat besar.

Mengingat hal ini, maka untuk menunda kehamilan sebaiknya Anda melanjutkan dengan KB sesudah melepaskan KB spiral yang saat ini Anda gunakan. Mengenai jenis KB yang sebaiknya Anda gunakan, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kandungan atau bidan di sekitar Anda. Hal ini karena pemilihan KB merupakan sesuatu yang harus dipertimbangkan dengan baik, lengkap dengan kondisi kesehatan Anda saat ini.

Berikut adalah link artikel terkait pertanyaan Anda:

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. [AK]

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

0 Komentar

Belum ada komentar