Sukses

Haid 3 Bulan Sekali vs. Vitamin E

Dok, normalkah jika siklus haid terjadi 3 bulan sekali?? karena sejak umur 22 tahun saya mengalami haid yang tidak teratur, bahkan pernah sampai 5 bulan saya tidak haid. sudah saya periksakan ke dokter berkali-kali tapi tetap dengan jawaban yang sama yaitu gangguan hormon. padahal sejak setahun terakhir ini saya tidak pernah mengalami stres,bahkan pola makan jg teratur,olahraga juga rutin. tapi saya pernah mempunyai kista di payudara saya sebelah kanan. apakah itu juga mempengaruhi siklus haid s

Oleh: dr. Jessica Florencia

Tanya:

Dok, normalkah jika siklus haid terjadi 3 bulan sekali?? karena sejak umur 22 tahun saya mengalami haid yang tidak teratur, bahkan pernah sampai 5 bulan saya tidak haid. sudah saya periksakan ke dokter berkali-kali tapi tetap dengan jawaban yang sama yaitu gangguan hormon. padahal sejak setahun terakhir ini saya tidak pernah mengalami stres,bahkan pola makan jg teratur,olahraga juga rutin. tapi saya pernah mempunyai kista di payudara saya sebelah kanan. apakah itu juga mempengaruhi siklus haid saya??? apakah mengkonsumsi suplemen vitamin E tiap hari juga mempengaruhi siklus haid??? terima kasih sebelumnya

Jawab:

Ibu yang Terhormat.

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saya memahami kecemasan Anda. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari.  Dalam dunia medis, apa yang Anda alami disebut dengan oligomenorea. Oligomenorea adalah suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari.

Adapun siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • Malnutrisi (kurang gizi)
  • Stres psikologis
  • Atlet
  • Kekurangan vitamin K
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kelainan pembekuan darah
  • Gangguan hormon tiroid
  • Kelainan pada kandung telur (PCOS)
  • Dan lain sebagainya

Selain masalah hormon, dapat juga disebabkan oleh masalah organik seperti mioma uteri, kista, adenomiosis. Untuk memastikannya, kami menyarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan (SpOG) untuk pemeriksaan lengkap dan mengetahui penyebab dari siklus mentruasi Anda yang tidak teratur. Kista payudara sendiri sebenarnya tidak berhubungan dengan siklus hormon wanita. Vitamin E juga tidak berpengaruh terhadap kelancaran siklus haid.

Siklus menstruasi yang tidak teratur memang dapat memberikan sumber kesulitan tersendiri bila Anda ingin memiliki anak, untuk itu sebaiknya segera diketahui penyebab siklus mentruasi Anda yang tidak teratur sehingga dapat segera ditangani dengan optimal.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](JF)

Artikel Terkait:

0 Komentar

Belum ada komentar