Kesehatan Anak

Topik TanyaDokter: Menangani Anak Susah Makan

Klikdokter, 25 Sep 2013

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

dok... Saya mau tanya, anak saya saat ini usianya 4,5 tahun. klo waktunya makan susah banget,pdhl menunya udah tak ksh variasi lain.gmn caranya mengatasi anak yg susah mkn dok?

Topik TanyaDokter: Menangani Anak Susah Makan

Tanya:

Assalamualaikum dok... Saya mau tanya, anak saya saat ini usianya 4,5 tahun. klo waktunya makan susah banget,pdhl menunya udah tak ksh variasi lain.gmn caranya mengatasi anak yg susah mkn dok? terima kasih sebelumnya.

Jawab:

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Salam saya untuk buah hati Anda. Sayang sekali Anda tidak menyebutkan berapa berat badan anak Anda. Yang perlu Anda perhatikan adalah agar berat badannya tidak bertambah turun, dan perlu diusahakan untuk naik.

Bagaimana dengan aktivitas anak Anda? Apakah anak Anda tergolong anak yang aktif? Bagaimana dengan jadwal makannya? Apakah anak Anda sudah makan makanan utama (nasi, lauk, sayur) dengan jadwal yang teratur, 3x sehari, disertai camilan di sela-sela jadwal makan utama? Apakah anak Anda mau makan makanan utama atau hanya makan makanan camilan saja?

Pada dasarnya, anak-anak dalam usia pertumbuhan membutuhkan asupan gizi yang seimbang dan kalori yang mencukupi. Kebutuhan akan sayur dan buah juga penting untuk asupan vitamin dan mineral. Hingga usia 10 tahun, anak-anak membutuhkan 100 kalori setiap kilogram berat badannya. Bila anak Anda cukup aktif (sering berlari-lari, bermain) maka membutuhkan tambahan sekitar 400 kalori lagi. Sehingga anak Anda membutuhkan 1400 kalori setiap harinya. Hal ini dapat dipenuhi dengan porsi makan 3x sehari dengan takaran 1 piring nasi dengan jumlah nasi yang cukup besar, jumlah lauk yang cukup besar dan sayur. Di sela-sela jadwal makan 3x sehari dapat diberikan camilan seperti bubur kacang hijau, puding buah, kue. Dengan demikian kebutuhan kalorinya dapat terpenuhi. 

Beberapa penyebab yang menyebabkan anak tidak mau makan diantaranya adalah :

  • Memakan cemilan padat kalori menjelang jam makan, sehingga anak tidak merasa lapar. Contohnya permen, minuman ringan, coklat, chiki, dll. Akibatnya ketika jam makan tiba anak sudah kekenyangan.
  • Minum susu terlalu banyak. Padahal setelah anak berusia 1 tahun, kehadiran susu dalam menu sehari-hari bukanlah hal wajib. Secara gizi, susu hanya untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor saja. Kalsium dan fosfor sendiri mudah kita dapatkan dalam ikan-ikanan, sayur & buah. Kurangi susu! Di atas usia 1 tahun kebutuhan susu hanya 2 gelas sehari. Mulailah melatih anak dengan berbagai jenis makanan. Ubah pola pikir orangtua
  • Bosan dengan menu
  • makan ataupun penyajian makanan. Variasikan menu makanan dengan baik.
  • Anak sedang dalam fase 'negativistik'. Bina komunikasi yang baik dengan anak. Bersabarlah menghadapi anak.
  • Anak sedang sakit / sedih. Anak tidak mau makan dapat juga disebabkan karena anak sedang sakit atau sedang sedih.

Apa kira-kira penyebab sulit makan pada anak Anda?

Kami sertakan artikel:

Untuk panduan informasi lengkap Anda mengenai tumbuh kembang anak, Anda dapat mengunjungi Rubrik Tumbuh Kembang Anak yang kami miliki.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

----

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

Makanan BalitaSolusi Anak Susah Makan Tanya Dokter

Konsultasi Dokter Terkait