Sukses

Dokter Gigi Rentan Sakit Punggung?

Merawat pasien yang berbaring di dental unit membuat dokter gigi harus duduk atau terkadang berdiri membungkuk dalam jangka waktu lama

Oleh: drg. Martha Mozartha

Merawat pasien yang berbaring di dental unit membuat dokter gigi harus duduk atau terkadang  berdiri membungkuk dalam jangka waktu lama. Terlebih jika jumlah pasien per hari cukup banyak. Posisi duduk yang salah serta tidak ergonomis yang dilakukan selama berjam-jam dan terus menerus menempatkan dokter gigi sebagai profesi yang sangat rentan untuk mengalami nyeri punggung bawah (lower back pain). Pada survei yang dilakukan oleh Chowanadisai dkk di Thailand pada tahun 2000, sebanyak 78 % dokter gigi melaporkan sakit punggung yang dideritanya.

Tubuh yang berada pada postur statis membutuhkan lebih dari 50% otot-otot tubuh untuk menahan tubuh tetap tidak bergerak menahan gravitasi.  Gaya yang diakibatkan oleh postur statis justru memberikan beban yang lebih berat dibandingkan saat tubuh bergerak dinamis. Akibatnya dapat terjadi ketidakseimbangan otot, iskemia, hipomobilitas pada persendian, dan degenerasi diskus pada tulang belakang.

 

 

 

 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar