Sukses

Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2010

Status kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia nampaknya masih belum menunjukkan perbaikan yang berarti. Dari hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2007...

Status kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia nampaknya masih belum menunjukkan perbaikan yang berarti. Dari hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2007, sebanyak 72,1 % penduduk Indonesia menderita karies gigi (gigi berlubang) dan 23,4 % mengeluhkan masalah gigi dan mulut dalam 12 bulan terakhir. Dari jumlah tersebut hanya 29.6 % yang mengkonsultasikan masalahnya dan mendapatkan perawatan dari tenaga medis. Selain itu, riset tersebut juga mengungkapkan bahwa dari 91,1 % masyarakat berusia lebih dari 10 tahun yang menggosok gigi setiap hari, hanya 7,3 % yang menggosok gigi secara benar.

Dengan adanya data-data yang cukup memprihatinkan tersebut, PDGI (Persatuan Persatuan Dokter Gigi Indonesia) dan AFDOKGI (Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia) bekerjasama dengan Unilever melalui brand Pepsodent didukung oleh Bina Pelayanan Medik Dasar Kementrian Kesehatan Republik Indonesia pada akhir Juni yang lalu menandatangi kerja sama dan mencanangkan bulan Juli sebagai Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2010. Bertempat di Hotel Crown Jakarta, hadir dalam acara tersebut drg. Zaura Anggraeni, MDS. selaku ketua PDGI; Prof. Ismet Danial Nasution, drg.,Ph.D.,Sp.Pros(K). selaku ketua AFDOKGI; drg.Mustikowati selaku Direktur Medik Dasar Direktorat Jenderal Pelayanan Medik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; Ibu Hernie Raharja selaku Marketing Manager Oral Care, Unilever Indonesia, serta 13 dekan dari 13 FKG.

Pencanangan ini dilakukan sebagai komitmen dan upaya nyata untuk lebih meningkatkan kesehatan gigi mulut, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut. Agendanya dengan memberi edukasi tentang kesehatan gigi dan mulut melalui iklan layanan masyarakat, yang berisi anjuran untuk mencegah kerusakan gigi sedini mungkin, serta memeriksakan diri ke dokter gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali. Selain itu juga diadakan pelayanan gigi gratis yang dilaksanakan di 13 Fakultas Kedokteran Gigi, serta juga akan dilaksanakan bersama dengan cabang-cabang PDGI di beberapa daerah yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Pelayanan tersebut meliputi pemeriksaan gigi serta perawatan berupa  penambalan sederhana yang tidak melibatkan perawatan syaraf gigi, pencabutan tanpa komplikasi gigi sulung atau gigi tetap, pembersihan karang gigi, perawatan pencegahan gigi berlubang dengan aplikasi fluoride atau fissure sealant. Kegiatan ini akan banyak melibatkan civitas akademika dari Fakultas Kedokteran Gigi, baik dosen maupun mahasiswa dan jadwalnya di masing-masing FKG adalah sebagai berikut:

Univ. Gajah Mada, Yogyakarta : 30 Juni - 2 Juli 2010
Univ.Muhammadiyah, Yogyakarta : 12-14 Juli 2010
Univ.Prof.Dr.Moestopo (Beragama), Jakarta : 5-7 Juli 2010
Univ. Trisakti, Jakarta : 21-23 Juli 2010
Univ. Indonesia, Jakarta : 7-9 Juli 2010
Univ. Padjadjaran, Bandung : 15-17 Juli 2010
Univ. Jember, Jember : 26-28 Juli 2010
Univ. Airlangga, Surabaya : 19-21 Juli 2010
Univ.Mahasaraswati, Bali : 26-28 Juli 2010
Univ. Baiturrahmah, Padang : 19-21 Juli 2010
Univ. Sumatera Utara, Medan : 29-31 Juli 2010
Univ. Hasanuddin, Makasar : 29-31 Juli 2010.

 
 

0 Komentar

Belum ada komentar