Sukses

Persiapan Perjalanan Anak

Penting adanya untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Bahkan untuk urusan bersantai sekalipun. Salah persiapan bisa-bisa rencana acara menggembirakan bisa berakhir berantakan. Persiapan khusus bagi anak yang
Penting adanya untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Bahkan untuk urusan bersantai sekalipun. Salah persiapan bisa-bisa rencana acara menggembirakan bisa berakhir berantakan. Persiapan khusus bagi anak yang akan melakukan perjalanan jarak jauh tentunya dibutuhkan beberapa pengetahuan mendasar dan menyeluruh.

Intinya adalah persiapan. Prioritaskan minuman dan makanan. Seperti halnya buah, jus, susu, makanan kecil dan mainan. Kedua, popok dan tissue serta sarana pendukung kebersihan anak lainnya.

Urusan berikutnya, kenyamanan, anak lebih banyak butuh waktu istirahat daripada orang dewasa. Jadi jika perjalanan diestimasikan akan memakan waktu lebih dari 2 jam, maka bawalah bantal, guling, selimut, atau boneka yang menjadi kesukaan yang mampu menciptakan suasana yang mendukung untuk anak beristirahat.

Tentunya, disamping sudah mempersiapkan baju ganti untuk anak di koper, penting untuk dipersiapkan juga baju ganti di perjalanan yang disimpan pada tempat yang mudah dijangkau.

Setelah ketiga syarat tersebut terpenuhi, urusan berikutnya ialah hiburan anak. Bila perlu, bawalah mainan, boneka, buku, dan lain sebagainya. Agar tidak salah bawa, sebaiknya tanyakan dulu ke anak mainan yang hendak dia bawa. Siapkan di tas terpisah dan biarkan dia membawa tas yang berisi mainannya sendiri. Secara bersamaan hal ini bertujuan untuk dapat melatih anak tanggung jawab atas kebutuhannya sendiri.

Sebagian dari orang tua memilih waktu perjalanan malam hari ketika anak tidur. Tapi acapkali terlewat, beberapa hal detil yang dapat mengganggu waktu tidur anak, seperti halnya suara berisik pesawat, goncangan kereta atau mobil.

Kendaraan Umum
Belilah tiket terpisah untuk anak dengan usia diatas 2 tahun jika perjalanan dilakukan lebih dari 2 jam. Selain untuk kenyamanan anak, orangtua juga tidak akan terlalu kelelahan sepanjang di perjalanan.

Jika ini adalah perjalanan pertamanya, siapkan segala kondisi yang mungkin terjadi. Misalnya perbedaan tekanan udara dan posisi take off pada pesawat akan menimbulkan rasa yang aneh bagi anak.

Kendaraan Pribadi
Pelajari rute untuk melihat tempat tempat strategis misalnya, tempat istirahat, penginapan, restoran, pom bensin. Atau jika menemukan sebuah lokasi wisata sempatkan untuk mampir sekedar untuk istirahat.
Jika bayi anda berusia kurang dari setahun, jangan pelit untuk membelikan car-seat demi keamanannya. Pasang car seat dengan benar, menghadap ke belakang, guna mengantisipasi bayi tidak terlempar jika terjadi pengereman mendadak.

Jika sudah sampai di tujuan, kondisikan anak senyaman mungkin. Pastikan dia merasa senyaman di rumah. Beberapa anak mengalami gangguan tidur pada lokasi baru. Jangan lupa membawa pengantar tidurnya, bantal, guling atau buku.[]

0 Komentar

Belum ada komentar