Sukses

Kenali Apa Itu Email Gigi dan Fungsinya

Email merupakan lapisan penting pada gigi. Tahukah Anda apa itu email gigi struktur, dan fungsinya? Kita ulas di artikel ini.

Tahukah Anda kalau gigi terdiri dari beberapa lapisan yang berbeda? Tiga di antaranya, yaitu email, dentin, dan sementum, merupakan jaringan keras. Sementara  itu, satu lainnya merupakan jaringan lunak, yaitu rongga pulpa.

Sudah banyak orang yang menekankan bahwa rutinitas pembersihan gigi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, tak sedikit dari mereka yang kurang mengetahui bagian-bagian gigi, salah satunya lapisan email. Padahal, memahami fungsi email gigi akan membantu mengenal bagaimana cara menjaga kesehatan gigi.

Apa Itu Email Gigi?

Email gigi atau yang disebut juga dengan enamel adalah lapisan terluar dari gigi yang berbentuk cangkang.

Artikel lainnya: Tahapan Kerusakan Gigi dan Perawatan yang Bisa Dilakukan

Warnanya yang putih, menyebabkan email bersifat translusens (bening) sehingga memungkinkan warna dentin yang ada di bawahnya terlihat sedikit kekuningan.

Jaringan email memiliki struktur kristalin yang tersusun oleh 96 persen jaringan anorganik, 1 persen material organik, dan sisanya adalah air.

Selain itu, jaringan email gigi juga tidak mengandung persarafan. Itu sebabnya, bila terjadi kerusakan pada bagian email gigi, Anda tidak akan merasakan sakit.

Secara mikroskopis, lapisan email gigi tersusun dari prisma email, yakni kristal hidroksiapatit yang punya pola orientasi khas. 

Meski strukturnya padat dan keras, email bisa dilewati oleh ion serta molekul tertentu, serta zat warna dari minuman atau makanan tertentu.

Sebagai contoh, terlalu sering mengonsumsi kopi, teh, cola, anggur merah, jus buah, dan juga merokok dapat menodai email gigi Anda. 

Kunjungan rutin ke dokter gigi untuk pembersihan dan pemolesan rutin dapat membantu menghilangkan sebagian besar noda di permukaan dan memastikan gigi Anda tetap sehat.

Artikel lainnya: Gejala Erosi Gigi yang Mesti Anda Waspadai 

Fungsi Email pada Gigi

Lapisan email gigi berfungsi untuk menutupi seluruh mahkota gigi yang dibentuk oleh sel-sel ameloblast. Lapisan ini merupakan bagian tubuh yang paling keras. 

Meskipun sangat keras, lapisan email ini bisa retak atau bahkan pecah dan sangat rentan terhadap serangan asam. 

Makanan, minuman atau hasil fermentasi metabolisme bakteri makanan yang dikonsumsi dapat berubah menjadi asam. Hal ini merusak lapisan email. 

Selain itu, kebiasaan mengonsumsi makan yang kaya asam tentu akan mempercepat kerusakan email gigi. 

Kondisi tertentu, seperti bulimia, juga dapat menyebabkan asam naik ke rongga mulut. Pasalnya, penderita bulimia akan memuntahkan kembali makanan yang sudah ditelan. 

Artikel lainnya: Minuman Energi Merusak Email Gigi, Benarkah?

Padahal, makanan yang dimuntahkan tersebut telah bercampur dengan asam lambung sehingga bersifat erosif bagi gigi.

Akibatnya, email gigi akan menjadi lemah, tipis, atau rusak, jika tidak dirawat dengan baik. 

Karena email gigi tidak dapat beregenerasi atau memperbaiki dirinya sendiri, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara menjaga kesehatan email gigi agar tetap sehat dan kuat.

Oleh karena itu, agar lapisan email terhindar dari kerusakan, rawatlah gigi secara teratur dengan menyikat gigi dua kali sehari. 

Batasi pula makanan atau minuman yang dapat merusak kesehatan gigi Anda dan hindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang juga merusak lapisan dan fungsi email gigi.

Jangan lupa, periksakan kesehatan gigi Anda ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali. dengan begitu, kerusakan pada gigi dapat dideteksi dan ditangani sedini mungkin. 

Anda punya masalah gigi dan mulut lainnya? Jangan ragu berkonsultasi kepada dokter gigi kami. Manfaatkan layanan Live chat 24 Jam dari aplikasi KlikDokter.

(HNS/JKT)

Referensi:

WebMD. Diakses 2022. Tooth Enamel Erosion and Restoration

0 Komentar

Belum ada komentar