Sukses

Hormonal

Kontrasepsi hormonal adalah kontrasepsi yang menggunakan preparat hormonal yaitu estrogen dan progesteron. Estrogen bekerja dengan cara mempengaruhi ovulasi, perjalanan ovum, atau implantasi. Ovulasi dihambat

Kontrasepsi hormonal adalah kontrasepsi yang menggunakan preparat hormonal yaitu estrogen dan progesteron.  Estrogen bekerja dengan cara mempengaruhi ovulasi, perjalanan ovum, atau implantasi. Ovulasi dihambat melalui pengaruh estrogen terhadap hipotalamus dan selanjutnya menghambat FSH dan LH. Implantasi telur yang sudah dibuahi dihambat oleh estrogen dosis tinggi (dietilstilbestrol, etinil estradiol) yang diberikan pada pertengahan siklus haid. Jarak antar konsepsi dan implantasi adalah 6 hari. Biopsi endometrium yang dilakukan sesudah pemberian estrogen dosis tinggi pasca konsepsi menunjukkan efek antiprogresteron, yang dapat menghambat implantasi karena dihambatnya pertumbuhan lapisan endometrium. Perjalanan ovum juga dipercepat dengan pemberian estrogen pasca konsepsi.

Fungsi progesteron adalah menyiapkan endometrium untuk implantasi dan mempertahankan kehamilan. Beberapa fungsi dari progesteron di dalam kehamilan adalah :

  • Membuat lendir servik menjadi lebih pekat, sehingga perjalanan sperma menjadi lebih sulit
  • Kapasitasi sperma dihambat oleh progesteron
  • Menghambat perjalanan ovum dalam tuba sebelum konsepsi
  • Menghambat implantasi sebelum ovulasi dengan cara membuat lapisan rahim menjadi tipis
  • Menghambat ovulasi pada poros hipofisis-hipotalamus

Kontrasepsi ini tersedia dalam bentuk oral, suntikan, dan mekanik. Kontrasepsi oral adalah kombinasi dari hormon estrogen dan progestin atau hanya progestin-mini pil. Suntikan dan kontrasepsi implant (mekanik) mengandung progestin saja atau kombinasi progestin dan estrogen. Jenis kontrasepsi hormonal diantaranya adalah :

0 Komentar

Belum ada komentar