Sukses

Olahraga

Aktivitas berlebihan atau program olahraga yang berlebihan dikatakan memberikan pengaruh terhadap kelancaran siklus menstruasi. Pada hakikinya semua yang berlebihan tidak pernah

Aktivitas berlebihan atau program olahraga yang berlebihan dikatakan memberikan pengaruh terhadap kelancaran siklus menstruasi.

Pada hakikinya semua yang berlebihan tidak pernah memberikan hasil yang baik dan bermanfaat. Sama halnya dengan olahraga. Aktivitas olahraga secara berlebihan pun dapat menyebabkan dilepaskannya hormon-hormon tertentu yang bekerja berlawanan dengan hormon reproduksi.

Dampaknya, siklus menstruasi dapat terganggu. Untuk mendapatkan siklus menstruasi yang normal, diperlukan adanya keseimbangan kerja antara hormon-hormon reproduksi. Diantara halnya hormon esterogen dan hormon prostegeron.  Ketika tubuh terlampau lelah akibat aktivitas berlebih, maka keseimbangan antara keseimbangan kerja antara hormon akan terganggu, maka siklus menstruasi juga ikut terpengaruh. Bahkan, menstruasi juga dapat terhenti (amenorea).

Bagaimanapun aktivitas olahraga bukannya tidak memberikan manfaat yang baik bagi tubuh, yang penting untuk diketahui adalah keseimbangan aktivitas olahraga yang teratur dan mencukupi sesuai dengan porsi kebutuhan tubuh.

Olahraga yang ringan secara teratur di pagi hari merupakan aktivitas dianjurkan. Dengan melakukan secara konsisten minimal 30 menit dalam sekali latihan, tubuh akan mendapatkan lebih banyak lagi manfaat kesehatan secara luas dari aktivitas berolahraga.[](DA)

0 Komentar

Belum ada komentar