Reproduksi

Olahraga

Tim Redaksi KlikDokter, 23 Jul 2010

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Latihan olahraga yang dilakukan secara teratur dan cukup takarannya dapat bermanfaat untuk membuat badan sehat dan bugar serta dapat mencegah beberapa macam penyakit seprti stroke, darah tinggi, kencing

Olahraga

Latihan olahraga yang dilakukan secara teratur dan cukup takarannya dapat bermanfaat untuk membuat badan sehat dan bugar serta dapat mencegah beberapa macam penyakit seprti stroke, darah tinggi, kencing manis, bahkan kanker. Yang dimaksud dengan olahraga teratur adalah rutin secara frekuensi latihannya, lamanya, serta intensitasnya sesuai dengan peningkatan intensitas yag teratur pula.

Takaran yang cukup dimaksud disini adalah latihan yang cukup sesuai dengan kemampuan, usia dan kebutuhan. Misalnya seorang yang baru mulai olahraga tentu berbeda latihannya dengan yang telah biasa berolahraga.

Lakukan Ini Sebelum Memulai Program Berolahraga

Sebaiknya sebelum memulai melakukan program latihan olahraga pertama kali, khususnya untuk usia yang lebih dari 35 tahun atau bagi yang sudah lebih dari 6 bulan tidak pernah berolahraga. Yang perlu dilakukan adalah melakukan medical check-up terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi Anda saat ini, tujuannya adalah agar Anda dapat memilih latihan–latihan olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda saat ini.

Namun jika Anda tidak sempat melakukan medical check-up, Anda perlu melakukan mendata test jalan terlebih dahulu, meskipun hasilnya tidak setepat dengan pemeriksaan-pemeriksaan dengan peralatan canggih.

Ikuti Cara Melakukan Test Jalan Sebagai Berikut

Jalan kaki secepat-cepatnya secara santai, lakukan dengan tempo pernafasan rileks seperti halnya Anda sedang berjalan agak cepat sambil berbincang-bincang dengan teman jalan Anda atau dengan bernyanyi. Lakukan aktifitas ini selama 5 menit , kemudian istirahat 10 menit.

Selama istirahat Anda hindari posisi duduk. Lakukan gerakan ringan pada kaki. Setelah 10 menit istirahat, hitunglah jumlah denyut nadi Anda dalam durasi 1 menit. Bila denyut nadi Anda < 100 kali per menit , berarti Ada dapat melakukan aktifitas lagi.

Jika denyut nadi Anda > 100 kali per menit, terdapat kemungkinan kelainan pada peredaran darah Anda atau dapat pula disebabkan karena tingkat kebugaran Anda rendah karena tidak pernah melakukan olahraga.[](IND)

Konsultasi Dokter Terkait