Gigi Mulut

8 Kebiasaan Buruk yang Merusak Gigi

drg. Arni Maharani, 03 Feb 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Anda suka mengunyah es batu? Atau Anda sering berolahraga tanpa pelindung mulut? Sudah saatnya untuk lebih hati-hati pada kerusakan gigi Anda. Pasalnya, berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang harus segera dihentikan kalau Anda ingin memiliki gigi seha

8 Kebiasaan Buruk yang Merusak Gigi

Klikdokter.com - Setiap orang mengidamkan gigi putih bersih yang tersusun dengan rapi. Selain menambah kepercayaan diri seseorang, memiliki gigi sehat juga merupakan pangkal dari tubuh yang sehat. Namun terkadang, Anda tidak sadar memiliki kebiasaan buruk yang justru bisa merusak gigi.

Nah, berikut adalah beberapa kebiasaan yang harus segera dihentikan kalau Anda ingin memiliki gigi sehat berkilau:

1. Mengunyah Es

Kebiasaan ini mungkin Anda anggap tidak berbahaya. Tapi mengunyah es berisiko membuat gigi retak. Pecahan es juga bisa mengiritasi gusi Anda. Jadi kalau Anda muncul keinginan untuk mengunyah es, alihkan keinginan tersebut dan dapat digantikan dengan permen karet bebas gula.

2. Berolahraga Tanpa Pelindung Mulut

Bertanding olahraga memang seru. Tapi kalau Anda bermain tanpa pelindung mulut ada kemungkinan gigi Anda berisiko rusak akibat terkena pukulan atau benda keras. Beberapa cabang olah raga memiliki resiko cedera pada wajah termasuk mulut, dimana telah ditemukan pada beberapa keadaan terjadinya gigi depan yang patah karena cedera pada saat olah raga.

3. Mengisap Dot

Kalau Anda sering memberi bayi susu botol, kelak kebiasaan ini bisa berdampak pada kelainan dan kerusakan gigi. Untuk mencegahnya, hindari bayi Anda tertidur dengan gigi masih menggigit dot supaya  gula dalam susu tidak menempel di gigi.

4 Kebiasaan Buruk Lainnya yang Merusak Gigi

4. Menggeretakkan gigi

Kebiasaan ini umum disebut bruxism dan bisa merusak gigi. Penyebabnya dipicu oleh stress dan biasanya terjadi ketika tidur tanpa disadari oleh penderita. Biasanya dokter gigi akan memberikan pelindung gigi berupa mouth guard yang dapat digunakan saat tidur untuk melindungi gigi Anda dari kerusakan yang lebih lanjut.

5. Makanan manis dan minuman bersoda

Makanan manis adalah musuh nomor satu gigi. Permen dan minuman soda yang banyak mengandung gula, akan menempel di gigi dan dirubah menjadi asam oleh bakteri yang dapat merusak gigi geligi anda. Hal ini dapat menyebabkan gigi Anda berlubang

6. Membuka atau menggigit sesuatu dengan gigi

Membuka tutup botol, merobek bungkus snack atau menggigit pensil  dengan gigi geligi dapat menyebabkan gigi menjadi rusak. Anda harus sadar bahwa gigi merupakan bagian dalam tubuh mempunyai fungsi pengunyahan, estetis dan bicara. Jadi ada baiknya Anda lebih memperhatikan dan menjaga kesehatan gigi geligi Anda dengan menghilangkan kebiasaan buruk.

7. Minum kopi dan wine

Zat asam dalam kandungan kopi dan wine (anggur merah) dapat membuat gigi Anda berubah warna menjadi kuning dan dapat merusak email pada permukaan gigi Anda. Noda yang timbul dari konsumsi minuman tersebut dapat dibersihkan dengan bantuan dokter gigi namun kerusakan email karena asam yang berasal dari wine hanya bisa dihindari dengan mengurangi kebiasaan ini.

8. Merokok

Merokok tak hanya membuat gigi kuning dan menyebabkan penyakit gusi, tapi  juga berisiko menimbulkan kanker mulut. Jadi masih mau merokok?

Pilihlah juga pasta gigi yang baik untuk kesehatan email gigi, mengandung HAP Mineral & fluoride untuk membantu proses remineralisasi permukaan email gigi, serta memiliki kandungan Microgranule yaitu butiran-butiran halus yang mampu membersihkan hingga ke sela-sela gigi.

GigisakitlubangberlubangMulutMasalah Gigi & Mulut

Konsultasi Dokter Terkait