Sukses

Zat Besi untuk Si Kecil

Kondisi tubuh anak yang sering lelah dan tidak bertenaga tentu mengkhawatirkan bagi para orang tua. Hal ini sering dikaitkan dengan kekurangan darah dalam tubuh, ada pula yang menyebutkan sebenarnya saat itu tubuh kekurangan zat besi. Sebenarnya apakah za

Klikdokter.com - Kondisi tubuh anak yang sering lelah dan tidak bertenaga tentu mengkhawatirkan bagi para orang tua. Hal ini sering dikaitkan dengan kekurangan darah dalam tubuh, ada pula yang menyebutkan sebenarnya saat itu tubuh kekurangan zat besi. Sebenarnya apakah zat tersebut?

Zat besi merupakan mineral penting pada proses pembentukan hemoglobin, sebuah substansi dalam sel darah merah yang berfungsi mengikat oksigen dari paru-paru dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. Jika jumlah zat besi tidak memadai, sel-sel darah merah sehat tidak dapat diproduksi, akibatnya distribusi oksigen terganggu dan tubuh akan merasa lelah. Dalam tingkat yang parah kondisi ini disebut anemia.

Kekurangan zat besi dapat terjadi tidak hanya pada dewasa, balita juga bisa mengalaminya. Jumlah zat besi yang dibutuhkan balita dan anak-anak bahkan lebih banyak daripada laki-laki dewasa, jika dibandingkan dari segi berat badan dan aktifitas yang dilakukan. Berikut Inilah perbandingannya:

1 dari 2 halaman

Kebutuhan Zat Besi Bayi

Berikut inilah perbandingan usia dengan kebutuhan jumlah zat besi hariannya:

UMUR

JUMLAH

1 – 3 tahun

8 mg

4 – 8 tahun

10 mg

Laki-laki 19 – 50 tahun

8 mg

Perempuan 19 – 50 tahun ( belum menopause)

18 mg

 
Asupan zat besi yang cukup pada balita dan anak-anak akan berdampak positif bagi pertumbuhan tubuh, saraf dan perkembangan otak mereka. Waspadai jika anak Anda menunjukkan gejala berupa badan lemas, tidak nafsu makan,  mudah terkena infeksi dan peradangan mungkin saja mereka mengalami kekurangan zat pembentuk hemoglobin ini. Sebab gejalanya tidak hanya lemas dan kulit terlihat pucat saja. Untuk itu perhatikanlah asupan gizi si kecil, pilih bahan-bahan kaya zat besi seperti :
  • Bayam
  • Kangkung
  • Daging Sapi
  • Telur
  • Sereal
  • Susu Sapi
  • Buah Aprikot
  • Buah Bit Hijau

Anda juga dapat memilih multivitamin sebagai alternatif untuk mencukupi kebutuhan zat besi bagi dewasa, anak-anak juga balita.

0 Komentar

Belum ada komentar