Sukses

Tips Mengatasi Masalah Makan Si Kecil

Si kecil sudah berusia lebih dari 6 bulan? Tiba untuknya untuk memulai tahap baru dalam hidupnya, yaitu makanan pendamping ASI. Kelihatannya

Klikdokter.com - Si kecil sudah berusia lebih dari 6 bulan? Tiba untuknya untuk memulai tahap baru dalam hidupnya, yaitu makanan pendamping ASI. Kelihatannya memang mudah. Seperti apa sih memangnya menyuapi makanan? Namun pada kenyataannya, banyak orangtua yang dibuat pusing. Mulai dari si kecil menolak makan hingga ternyata si kecil alergi pada beberapa jenis makanan.

Nah, berikut adalah beberapa masalah umum yang dialami oleh orangtua dalam memberi makan bayinya dan bagaimana solusinya.

1. Si Kecil Menolak Makan

Setiap suapan yang diberikan padanya dimuntahkan kembali? Jangan panik. Ini wajar kok. Pada dasarnya bayi akan menolak makanan baru. Untuk membantu si kecil mau makan, khususnya makanan yang baru ia coba, bunda bisa mulai dengan memberikannya dalam potongan-potongan kecil.

  1. Makan berantakan

Kebanyakan orangtua stress melihat bayinya penuh dengan makanan ketika disuapi. Padahal hal ini adalah tanda bahwa si kecil mulai mandiri. Ketika beranjak 9 bulan, mayoritas bayi ingin mengontrol sendiri cara dan waktu ia makan. Jadi lain kali melihat si kecil mengaduk-aduk makanan dengan jarinya, biarkan saja. Ini cara ia belajar.

1 dari 2 halaman

Kiat Memberikan Makan Si Kecil

4. Muntah atau Gumoh

Muntah atau gumoh sangat normal terjadi pada bayi, khususnya ketika masih berusia di bawah 4 bulan. Kondisi ini disebabkan sistem pencernaannya yang masih belum berkembang. Oleh karena itu usia yang baik untuk memulai MPASI adalah usia 6 bulan. Untuk mencegah muntah, coba memberikan makan si kecil dengan perlahan.

5. Alergi

Sekitar 8% bayi akan mengalami alergi. Gejala-gejala seperti ruam, diare, muntah, dan sakit perut akan muncul tiba-tiba. Makanan seperti susu, telur, kedelai, dan kerang dipercaya memicu alergi. Jika si kecil menunjukkan tanda-tanda alergi, cobalah berkonsultasi dengan dokter anak untuk menentukan makanan yang sesuai.

6. Diare dan sembelit

Diare bisa berdampak pada dehidrasi. Gejalanya adalah mulut kering, kurang buang air kecil, menangis tanpa keluar air mata, penurunan bobot badan, dan mata cekung. Bila si kecil mengalami gejala seperti ini, segera bawa ke dokter.

0 Komentar

Belum ada komentar