Sukses

10 Hal Penting Perkembangan Bayi

Ketika sang buah hati hadir di dunia, seakan semua kegembiraan meluap. Rasanya tidak mau buah hati kita cepat-cepat dewasa. Nah, sebelum itu, coba nikmati dulu 10 tonggak setahun pertama usia si buah hati:

Klikdokter.com - Ketika sang buah hati hadir di dunia, seakan semua kegembiraan meluap. Rasanya tidak mau buah hati kita cepat-cepat dewasa. Nah, sebelum itu, coba nikmati dulu 10 tonggak setahun pertama usia si buah hati:

1. Tersenyum

Setelah dua bulan tidak tidur dan lelah terbangun oleh tangisannya, semua akan terbayar waktu melihat senyum pertamanya. Hal ini karena bayi berusia dua bulan biasanya sudah bisa tersenyum sebagai reaksi dari suara Anda.

2. Tertawa

Mendengarnya menangis itu biasa, tapi mendengarnya tertawa rasanya luar biasa. Bayi umur 4 bulan sudah bisa tertawa ketika Anda menggodanya, menggelitikinya, atau mengejutkannya.

3. Tidur nyenyak

Nah, ini baru yang ditunggu oleh semua orangtua. Bayi berusia 4-6 bulan sudah bisa tidur nyenyak semalaman dan memiliki pola tidur yang jelas.

4. Duduk

Bayi usia 4-7 bulan biasanya sudah bisa duduk dengan bersender di tangan Anda atau kursi. Ketika menginjak usia 8-9 bulan, bayi baru benar-benar bisa duduk tanpa bantuan.

5. Merangkak

Siap-siap capek karena di usia 8-9 bulan, bayi akan belajar merangkak dan usia 10 bulan, ia sudah bisa merangkak dengan cepat menggunakan kaki dan tangannya.

1 dari 2 halaman

5 Hal Penting Lainnya Perkembangan Bayi

6. Melambaikan tangan

Melambaikan tangan adalah ekspresi bahasanya.  Ketika menginjak usia 9 bulan, bayi akan mulai bereaksi pada suara dan gerakan orangtuanya. Dan melambaikan tangan adalah bentuk ekpresi reaksinya.

7. Makan finger food

Antara 9-12 bulan, bayi sudah siap makan finger foods karena keterampilan motoriknya sudah berkembang. Berikan ia makanan yang sehat untuk menambah nutrisi tumbuh kembangnya.

8. Berdiri

Umumnya ketika berusia 12 bulan, mayoritas bayi sudah bisa berdiri tanpa dibantu. Ia juga bisa melangkah kecil sambil berpegangan pada kursi atau meja, Terus awasi dia supaya tidak terluka.

9. Berjalan

Ini adalah peristiwa besar dari setahun pertama bayi. Biasanya orangtua sudah siap dengan kamera untuk mengabadikan peristiwa ini. Tapi tidak semua bayi akan bisa berjalan pada umur setahun. Normalnya adalah antara 9 – 15 bulan.

10. Bicara

Mendengarnya memanggil ‘ayah atau ibu’ seperti musik yang indah. Hal ini biasanya terjadi ketika usianya sudah setahun. Di saat ini, kebanyakan bayi sudah bisa bicara atau mengikuti suara.

0 Komentar

Belum ada komentar