Sukses

Apa Itu Rhinitis Alergi?

anak Anda sering bersin-bersin yang disertai pilek pada pagi hari? Anehnya, menjelang siang gejala tersebut menghilang dan akan berulang pada keesokan harinya. Jika ya, bisa jadi anak Anda menderita rinitis alergi.

Klikdokter.com - Apakah anak Anda sering bersin-bersin yang disertai pilek pada pagi hari? Anehnya, menjelang siang gejala tersebut menghilang dan akan berulang pada keesokan harinya. Jika ya, bisa jadi anak Anda menderita rinitis alergi.

Sebenarnya alergi merupakan reaksi dari mekanisme pertahanan tubuh terhadap zat atau bahan yang secara normal tidak berbahaya bagi tubuh, bahkan mungkin bermanfaat bagi individu. Reaksi ini kadang berlebihan sehingga menyebabkan gatal di kulit, bersin-bersin atau pembengkakan di anggota tubuh. Hampir semua benda di sekeliling kita bisa memicu reaksi mulai dari yang ringan, menyebalkan sampai mengkhawatirkan.

Lalu, apakah itu rinitis alergi?

1 dari 2 halaman

Lalu, Apakah Itu Rinitis Alergi?

Menurut WHO ARIA (Allergic Rhinitis and Its Impact on Asthma) tahun 2001, rinitis alergi adalah kelainan pada hidung dengan gejala bersin-bersin, rinorea (cairan dari saluran hidung), rasa gatal dan tersumbat setelah mukosa hidung terpapar alergen yang diperantarai oleh IgE.

Rinitis alergi dan atopi secara umum disebabkan oleh interaksi dari pasien yang secara genetik memiliki potensi alergi dengan lingkungan. Genetik secara jelas memiliki peran penting. Apabila kedua orangtua atopi, maka risiko atopi menjadi 4 kali lebih besar atau mencapai 50%.

Umumnya, rinitis alergi diderita anak-anak pada usia sekolah dan dapat berlangsung hingga dewasa apabila tidak ditangani dengan baik. Angka kejadian rinitis alergi di dunia bervariasi dan dapat mencapai 40% populasi pada anak. 

0 Komentar

Belum ada komentar