Kesehatan Umum

Mengapa Kepala Terasa Sakit Saat Menunduk?

dr. Dyah Novita Anggraini, 17 Jun 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sakit kepala saat menunduk bisa terkait dengan suatu gejala penyakit. Apa penyakit tersebut? Baca selengkapnya di sini.

Mengapa Kepala Terasa Sakit Saat Menunduk?

Pernahkah Anda merasakan sakit kepala namun terasa hanya saat Anda menunduk? Sakit kepala yang sering dirasakan saat Anda menunduk sering kali terkait dengan penyakit sinusitis.

Sinus merupakan rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Fungsi dari sinus adalah menghasilkan lendir yang dialirkan ke dalam hidung, untuk selanjutnya dialirkan ke belakang, ke arah tenggorokan untuk ditelan ke saluran pencernaan. Semua keadaan yang mengakibatkan tersumbatnya aliran lendir dari sinus ke rongga hidung akan menyebabkan terjadinya sinusitis.

Sinusitis berarti adanya peradangan pada rongga sinus yang berada di tulang-tulang wajah. Peradangan pada sinus dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau noninfeksi (alergi) yang dapat menutup lubang sinus.

Salah satu gejala dari sinusitis adalah sakit kepala. Dan nyeri sakit kepala akibat sinusitis mempunyai ciri sebagai berikut:

  • Nyeri yang dirasakan konstan.
  • Nyeri berdenyut di area wajah (sekitar mata, dahi dan pipi).
  • Nyeri yang terjadi di satu sisi kepala.
  • Nyeri hebat pada pagi hari dan mereda pada siang hari.
  • Nyeri semakin hebat dirasakan saat kepala ditundukkan.
  • Nyeri dirasakan saat terjadi perubahan suhu, misalnya dari udara dingin ke panas atau sebaliknya.

Gejala nyeri sakit kepala sinusitis sering kali sama dengan sakit kepala migrain dan tension-type headache. Namun, yang membedakannya adalah sakit kepala sinusitis disertai gejala penyerta, seperti demam dan adanya lendir berwarna hijau atau kuning yang berasal dari hidung.

Selain itu, diperlukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh untuk membedakan sakit kepala sinusitis dengan sakit kepala lainnya. Ditambah adanya pemerikaan penunjang seperti rontgen wajah atau pemeriksaan Computed Tomography (CT) scan.

Jika Anda mengalami gangguan nyeri sakit kepala saat menunduk, Anda dapat membeli obat pereda rasa sakit di apotek yang mengandung acetaminophen atau golongan NSAID seperti ibuprofen. Obat ini bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala, demam dan nyeri di daerah wajah. Jika nyeri tidak berkurang, segera konsultasikan masalah Anda dengan dokter THT.

sakitkepalaMenundukSakit Kepala

Konsultasi Dokter Terkait