Sukses

5 Vitamin Penting yang Tak Boleh Terlupakan dari Menu Harian Bayi

Vitamin sangatlah penting bagi perkembangan bayi. Karena kekurangan vitamin akan berpengaruh pada kondisi kesehatannya pada kemudian hari.

Vitamin menjadi komponen pelengkap yang memegang peranan penting untuk tumbuh kembang seorang bayi. Keberadaannya dalam menu harian bayi menjadi sangat penting, karena kekurangan vitamin akan berpengaruh pada kondisi kesehatan bayi pada kemudian hari. Oleh karena itu, para orangtua wajib memiliki bekal cukup mengenai variasi vitamin dan jumlah yang tepat bagi sang bayi.

1. Kalsium

Kalsium memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang, gigi, saraf, jantung, dan otot bayi. Pada bayi yang mendapatkan ASI eksklusif, kebutuhan kalsium ini dapat terpenuhi dari ASI dan Makanan Pendamping ASI (MPASI) setelah bayi berusia 6 bulan.

Kebutuhan harian kalsium: 700 mg.

Sumber makanan yang banyak mengandung kalsium, di antaranya susu, produk olahan susu seperti keju, yoghurt, dan ikan laut.

2. Zat besi

Zat besi adalah komponen yang jumlahnya dalam tubuh bayi turun sangat drastis begitu bayi menginjak usia 6 bulan. Kekurangan komponen ini harus segera tergantikan untuk menghindari bahaya anemia. Keberadaan zat besi yang cukup sangat dibutuhkan untuk menjaga asupan oksigen ke seluruh sel tubuh tetap baik selama tumbuh kembang bayi.

Kebutuhan harian zat besi: 14.8 mg.

Sumber makanan yang banyak mengandung zat besi, di antaranya daging merah, jeroan hewan, dan kacang polong.

3. Vitamin A

Seperti yang sudah banyak diketahui, vitamin A adalah vitamin yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Akan tetapi, di samping kesehatan mata, vitamin A ini juga juga berperan dalam menjaga daya tahan tubuh agar bayi tidak mudah sakit, mengatur pertumbuhan tulang dan mengatur produksi sel darah merah.

Kebutuhan harian zat besi: 700 mcg.

Vitamin A ini banyak terdapat di dalam wortel, melon, mangga, dan ubi manis.

4. Vitamin C

Vitamin C dalah vitamin yang tidak kalah penting untuk menunjang tumbuh kembang bayi. Vitamin ini diperlukan untuk perbaikan sel-sel tubuh yang rusak dan produksi kolagen. Selain itu, vitamin C juga berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi bayi.

Kebutuhan harian vitamin C: 50 mg.

Sumber makanan yang banyak mengandung vitamin C adalah jeruk, stroberi, brokoli, dan tomat.

5. Vitamin B1

Seperti halnya vitamin lainnya, vitamin B1 juga wajib ada dalam menu harian bayi. Vitamin B1 ini memegang peranan dalam mengubah asupan karbohidrat menjadi energi. Di samping itu, vitamin B1 juga berperan penting dalam menunjang perkembangan otak bayi.

Kebutuhan harian vitamin B1: 900 mcg.

Sumber makanan yang banyak mengandung vitamin B1 adalah daging merah, daging ayam, kacang-kacangan, serta buah-buahan.

0 Komentar

Belum ada komentar