Sukses

Bahaya Asap Kendaraan Bagi Kesehatan Penapasan Anak

Asap kendaraan rasanya sangat sulit untuk dihindari, khususnya bagi anak-anak yang tinggal di kota-kota besar. Waspada, inilah bahaya asap kendaraan bagi kesehatan pernapasan anak.

Apakah anak Anda sering terpapar asap kendaraan? Bila ya, apakah Anda melihat tanda-tanda bahwa anak Anda sering batuk dan pilek berulang-ulang? Hati-hati, ternyata kedua hal ini berhubungan!

Tidak bisa dipungkiri, asap kendaraan merupakan sesuatu yang sudah menjadi ‘konsumsi’ sehari-hari, terutama bagi orang yang hidup di kota-kota besar. Lalu lintas yang dipadati oleh berbagai kendaraan bermotor memberikan kontribusi berupa udara yang tidak sepenuhnya bersih.

Selama ini, kaitan antara polusi udara yang menyebabkan asma mudah kambuh telah diketahui secara pasti. Namun, bagaimana hubungan antara asap kendaraan dengan terjadinya penyakit kesehatan pernapasan lainnya, salah satunya infeksi saluran napas?

Infeksi saluran napas adalah bentuk gangguan pernapasan yang disebabkan oleh transmisi kuman. Sampainya kuman ke dalam tubuh seseorang yang sedang memiliki imunitas rendah akan berakibat pada munculnya gejala-gejala, seperti batuk, ingusan, bersin, nyeri tenggorokan, dan lain-lain.

Hal yang mengejutkan adalah, beberapa penelitian yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan gejala-gejala gangguan pernapasan, seperti batuk maupun bersin, pada orang-orang yang tinggal berdekatan dengan jalan yang berlalu lintas padat. Yang lebih disayangkan, ditemukan bahwa fungsi paru-paru pada anak yang bersekolah di kawasan jalan utama relatif lebih rendah dibanding mereka yang bersekolah di kawasan jauh dari jalan utama.

Dalam sebuah penelitian yang meneliti 4000 subjek anak-anak di Belanda, ditemukan adanya kaitan positif antara polusi udara dengan peningkatan kejadian asma, bronkitis, serta influenza. Dengan kata lain, semakin tinggi polusi udara maka kejadian penyakit-penyakit pernapasan tersebut pada anak-anak juga mengalami peningkatan.

Kualitas udara yang sangat menurun akibat kepadatan lalu lintas ternyata memiliki pengaruh yang buruk terhadap kesehatan pernapasan anak. Tentunya, kita tidak menginginkan buah hati tercinta begitu mudah terserang penyakit pernapasan hanya karena terpapar polusi udara akibat asap kendaraan.

Oleh karena itu, lindungilah anak Anda dari asap kendaraan, baik dengan cara menggunakan masker maupun membatasi paparan terhadap asap di jalan raya, demi terjaganya kesehatan pernapasan anak!

0 Komentar

Belum ada komentar