Sukses

Kulit Tangan Anda Mencerminkan Usia Kulit Anda Sebenarnya

Kulit tangan merupakan bagian yang sering dilupakan untuk senantiasa dijaga kesehatannya. Padahal, kulit tangan dapat mencerminkan usia kulit seseorang sebenarnya. Yuk, simak ulasan dari dr. Melyawati Hermawan Sp, KK berikut ini.

Berbagai usaha dilakukan untuk dapat mengimbangi proses penuaan, sehingga kulit tidak terlihat lebih tua dari usia sesungguhnya. Namun terlepas dari berbagai usaha yang telah dilakukan, ada beberapa area tubuh yang nampaknya tidak bisa “berbohong” akan hal ini, salah satunya adalah area tangan.

Tangan merupakan bagian tubuh yang sering digunakan untuk beraktivitas sehari-hari, sehingga tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering terkena paparan sinar ultraviolet atau berkontak dengan berbagai zat-zat atau bahan, baik bahan kimiawi atapun non-kimiawi yang mungkin dapat menyebabkan iritasi.

Tangan juga bukan area yang mudah untuk dilindungi, mengingat fungsinya pada aktivitas sehari-hari. Selain itu, kulit area tangan biasanya kurang mendapatkan perhatian sebagaimana yang dilakukan pada kulit wajah.

Untuk wajah, mungkin Anda akan rutin menggunakan krim tabir surya, krim antipenuaan, pelembap, pencerah, dan sebagainya, namun tidak demikian untuk kulit tangan. Karenanya, tangan mungkin menjadi salah satu bagian tubuh yang dianggap dapat mencerminkan usia sesungguhnya. Dengan kata lain, tidak peduli berbagai usaha yang dilakukan untuk menjaga kulit wajah tampak selalu muda, tangan Anda mungkin akan selalu manampilkan usia Anda sesungguhnya.

Penipisan kulit dan sebaran pigmen yang tidak merata menyebabkan tAnda penuaan yang dapat terlihat pada kulit tangan. TAnda penuaan yang biasanya terlihat pada kulit tangan, seperti timbulnya bercak cokelat atau hitam, keriput, dan pembuluh darah yang terlihat lebih jelas. TAnda penuaan ini biasanya terlihat mulai usia 40 tahunan, namun dapat juga terlihat lebih awal bila terlalu sering terkena paparan sinar ultraviolet atau berkontak dengan bahan kimiawi atau non-kimiawi.

Untuk mencegah timbulnya tAnda penuaan pada kulit tangan, Anda tidak perlu melakukan perawatan ekstra. Yang perlu Anda lakukan hanyalah dengan rajin menggunakan tabir surya dan pelembap untuk tangan.

Jika selama ini Anda hanya menggunakan tabir surya dan pelembap untuk wajah, mulai sekarang biasakan untuk juga mengaplikasikan tabir surya dan pelembap pada tangan Anda.

Penggunaan pelembap pada tangan sebaiknya dilakukan dengan lebih sering, karena biasanya frekuensi untuk mencuci tangan lebih sering dilakukan dibandingkan dengan mencuci wajah. Sementara untuk Anda yang terbiasa menyetir kendaraan sendiri atau sering melakukan aktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk lebih sering mengoleskan tabir surya pada area tangan Anda. Karenanya, bawa selalu tabir surya dan pelembap untuk tangan Anda di dalam tas atau kendaraan Anda. Bila memungkinkan, boleh juga memakai sarung tangan untuk melindungi tangan, terutama untuk Anda yang melakukan pekerjaan kasar.

Tips lainnya adalah setiap kali selesai mengaplikasikan krim wajah, gunakan krim yang tersisa di jari tangan atau ambil sedikit krim yang sama untuk dioleskan ke punggung tangan Anda. Dengan demikian, kulit tangan Anda juga akan mendapatkan nutrisi yang sama dengan wajah Anda.

Ketika Anda hendak mencuci tangan, cucilah tangan Anda seperlunya saja, tidak perlu berlebihan. Pasalnya, air saja dapat mengikis kelembapan alamiah kulit Anda, apalagi bila ditambahkan dengan sabun. Dan ingatlah untuk selalu mengaplikasikan ulang  pelembap setiap Anda selesai mencuci tangan untuk mengembalikan kelembapan yang hilang akibat mencuci tangan.

Pencegahan akan selalu lebih baik daripada mengobati. Karenanya, semakin awal kebiasaan ini dilakukan maka akan semakin baik untuk kesehatan kulit Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar