Sukses

Olahraga yang Tepat untuk Penderita Rematik

Penderita rematik tak perlu takut untuk berolahraga, karena jenis latihan tertentu dapat meningkatkan kekuatan otot maupun tulang.

Radang sendi akibat rematik bisa menimbulkan nyeri yang teramat sangat pada sendi-sendi kecil tubuh. Pada akhirnya timbul pertanyaan, olahraga apa yang cocok untuk penderita radang sendi akibat rematik? Bisakah penderitanya tetap berolahraga?

Jawabannya ya, Anda bisa berolahraga. Kuncinya ialah Anda harus mengkonsultasikan kondisi Anda kepada dokter, untuk mengetahui sejauh mana diri Anda bisa berolahraga.

Ada beberapa manfaat dari olahraga bagi penderita rematik, yaitu:

  • Mengurangi rasa nyeri.
  • Meningkatkan kekuatan tulang, di mana penting bagi penderita yang menggunakan obat steroid.
  • Memudahkan Anda bergerak.
  • Meningkatkan kerja jantung dan otot.

Langkah pertama yang Anda patut lakukan sebelum berolahraga adalah berkonsultasi tentang keadaan Anda ke dokter, beritahukan mengenai apa yang ingin Anda lakukan, kemudian sesuaikan dengan anjuran dokter terkait olahraga yang baik untuk Anda serta latihan yang patut Anda hindarkan.

Apa saja olahraga yang sesuai untuk penderita rematik ini? Beberapa ahli menyarankan jenis olahraga low-impact, seperti berjalan, berenang, serta bersepeda. Selain itu, beberapa olahraga yang harus diberi perhatian lebih saat dilakukan oleh penderita rematik adalah jogging (lari kecil harus tetap diperhatikan apalagi di tempat yang keras), angkat beban, dan berbagai gerakan high-impact lainnya.

Ingat, berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sangat penting untuk membantu Anda menyesuaikan dan membuat menu olahraga yang pas. Tentunya, olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot dan tulang Anda. Olahraga yang tepat dapat mengurangi peradangan selain obat-obatan yang Anda konsumsi.

0 Komentar

Belum ada komentar