Sukses

Peranan Ibu dalam Mengajarkan Pola Hidup Sehat di Keluarga

Pola hidup sehat di dalam keluarga merupakan hal penting yang harus diterapkan sedini mungkin, dan ibu menjadi sosok yang penting dalam hal ini. Namun, apa yang harus dilakukan untuk mengajarkan pola hidup sehat di keluarga? Berikut info medisnya.

Kebiasaan adalah hal yang sulit untuk diubah. Adapun untuk mengajarkan pola hidup sehat di rumah, seorang ibu memegang peranan yang sangat penting. Untuk itu, bila ibu mampu mengajarkan pola hidup sehat sedini mungkin, maka kebiasaan hidup sehat sehat dalm keluarga akan semakin tertanam dan terpupuk!

Oleh karena itu, ibu harus menyadari betapa pentingnya peranan yang Anda lakukan dalam mengajarkan dan menerapkan pola hidup sehat di keluarga. Berikut adalah 3 fokus yang dapat menjadi pedoman ibu dalam mengajarkan pola hidup sehat:

1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Tidak dapat dipungkiri bahwa tanpa kehati-hatian, makanan yang dikonsumsi justru dapat membawa penyakit. Mulai dari penyakit akut – seperti sakit perut dan mencret akibat mengonsumsi makanan berkuman, hingga penyakit menahun dan kronik – seperti penyakit jantung koroner dan diabetes mellitus.

Oleh karena itu, ibu harus mampu menanamkan kebiasaan makan makanan sehat yang bergizi seimbang namun tidak berlebihan, tidak melupakan konsumsi sayuran dan buah-buahan, serta hindari camilan atau jajanan tidak sehat yang tinggi lemak, tinggi gula, serta yang tidak terjamin kebersihannya. Salah satu langkah yang dapat ibu lakukan adalah dengan menyiapkan bekal/makanan sehari-hari, hingga menyediakan camilan sehat untuk keluarga.

2. Berolahraga Secara Rutin dan Teratur

Ada kalanya kesibukan ibu mengatur rumah tangga dan melakukan pekerjaan di luar rumah menyebabkan ibu tidak bisa menyempatkan diri untuk berolahraga secara teratur. Namun sadarilah bahwa dengan membiasakan diri berolahraga secara teratur, ibu akan memberikan dorongan dan semangat pada anggota keluarga lain untuk ikut rutin berolahraga.

Sebagai contoh, beberapa bentuk olahraga yang dapat dilakukan bersama keluarga adalah senam bersama, jogging, bersepeda, renang, dan olahraga berkelompok seperti basket atau voli.

3. Menciptakan Kebiasaan Sehat

Ibu mungkin tidak akan mampu menjaga seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak, selama 24 jam. Membiasakan diri menerapkan kebiasaan-kebiasaan sehat yang baik dapat menjaga mereka saat berada di luar rumah, dan hal ini dapat dimulai dengan contoh dari ibu.

Sebagian contoh kebiasaan sehat yang baik untuk keluarga dapat mengacu pada 10 indikator nasional Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), yakni: Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberikan bayi ASI ekslusif, menimbang balita setiap bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di rumah, makan sayur dan buah setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan tidak merokok di dalam rumah.

Ingatlah bahwa pola hidup sehat adalah hal penting yang memiliki konsekuensi sepanjang hidup. Apalagi bila mengingat semakin bervariasinya jenis penyakit yang bermunculan saat ini, dengan beberapa kuman yang semakin sulit diatasi. Oleh karena itu, jadikanlah pola hidup sehat sebagai investasi untuk keluarga Anda.


0 Komentar

Belum ada komentar