Sukses

Pilihan Makanan Sehat untuk Sahur

Selain berbuka, sahur juga merupakan waktu yang sangat penting bagi Anda yang sedang berpuasa. Karena itu, pilihlah makanan yang bergizi seimbang saat sahur.

Berpuasa di bulan Ramadan dimulai dari waktu fajar hingga matahari terbenam. Sebelum berpuasa, umat Muslim biasanya bangun pada dini hari untuk makan sahur. Saat sahur, sering kali para ibu menyiapkan menu lengkap layaknya makan siang. Anda yang sedang berdiet pun, kerap kali sengaja melewatkan waktu sahur karena takut berat badan meningkat. Anda tak perlu melewatkan waktu sahur, baca dulu tips berikut ini:

Pola makan seimbang

Makan sahur amat penting karena makanan yang Anda konsumsi akan dijadikan sebagai cadangan energi tubuh untuk berpuasa seharian. Yang terpenting, jaga asupan makanan Anda agar tidak berlebihan dan sebaiknya makanan Anda terdiri atas:

  • Buah dan sayuran.
  • Karbohidrat kompleks seperti serealia, gandum, nasi merah.
  • Produk olahan susu.
  • Protein seperti daging ayam atau ikan.

Jangan lupa juga untuk lengkapi sahur Anda dengan serat seperti buah dan sayuran, karena serat akan dicerna lebih lambat dan Anda pun akan kenyang lebih lama. Selain itu, pastikan juga Anda cukup minum air putih minimal 8 gelas agar Anda dapat terhindar dari dehidrasi.

Makanan yang sebaiknya dihindari

Saat sahur, ada beberapa jenis makanan yang perlu Anda hindari, misalnya:

• Minuman berkafein

Makanan yang tinggi gula dan karbohidrat sederhana, misalnya kue atau makanan manis lainnya, memang dapat memberikan Anda energi instan. Namun, makanan ini cepat dicerna oleh tubuh sehingga cadangan energi Anda juga cepat hilang. Anda pun akan menjadi lebih mudah lemas dan kurang berenergi saat berpuasa.

• Makanan yang tinggi gula

Mislanya, makanan yang bersantan atau gorengan lainnya. Makanan ini jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan Anda terkena gangguan saluran cerna seperti penyakit GERD (gastroesophageal reflux disease).

Makanan yang digoreng dan tinggi lemak

Minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi dan soda sebaiknya dihindari dikonsumsi saat bulan puasa. Kafein bersifat diuretik yang akan menyebabkan Anda dehidrasi karena sering berkemih. Anda pun menjadi lebih mudah haus saat berpuasa.

0 Komentar

Belum ada komentar