Sukses

Cara Memilih Pelembap untuk Kulit Kering

Dengan produk pelembap yang tepat, kulit Anda pun akan terjaga kesehatannya. Untuk itu, ketahuilah tips memilih pelembap yang tepat di sini.

Semua orang pasti ingin memiliki kulit yang sehat dan terawat. Pelembap adalah salah satu kunci jitu untuk mendapatkan kulit yang sehat.

Pelembap berfungsi sebagai pelindung kulit Anda, untuk menjaga kulit senantiasa lembap dan sehat. Namun, sebelum membeli produk perawatan kulit, pastikan Anda memilih yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Apakah jenis kulit Anda?

Jenis kulit bergantung dari berbagai faktor, mulai dari pola makan, hormon, usia hingga cuaca.

  • Kulit kering: Sebaiknya menggunakan pelembap yang yang bertekstur lebih berat dan berbahan dasar minyak.
  • Kulit berminyak: Pilihlah pelembap yang ringan dan berbahan dasar air.
  • Kulit normal: Anda bisa memilih pelembap yang ringan dan berbahan dasar air.
  • Kulit sensitif: Pilihlah pelembap yang “menenangkan” kulit, misalnya yang mengandung aloe vera.

Jika Anda masih belum mengetahui jenis kulit Anda, cara yang termudah adalah dengan menggunakan kertas tisu yang ditempel di beberapa area di wajah. Diamkan selama beberapa menit dan lihat seberapa banyak minyak yang menempel di wajah.

Namun jika Anda masih ragu, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kulit untuk menentukan jenis kulit Anda.

Bagaimana cara kerja pelembap?

Perawatan kulit yang baik salah satunya meliputi penggunaan pelembap dan tabir surya untuk menangkal radikal bebas dan pengaruh buruk sinar ultraviolet (UV) dari matahari. American Academy of Dermatology menganjurkan untuk menggunakan pelembap setelah mandi agar kulit Anda lebih bisa mengunci pelembap tersebut.

Pelembap bekerja di kulit dengan cara mengunci kelembapan di lapisan terluar kulit. Jika Anda memiliki kulit yang kering, bahan yang dapat mengunci kelembapan adalah petrolatum, mineral oil, lanolin, dan dimethicone. Sedangkan glycerin, propylene glycol, protein, urea, dan vitamin berfungsi untuk menarik air ke lapisan terluar kulit.

Bagaimana kiat memilih pelembap yang tepat?

Dengan produk pelembap yang tepat, kulit Anda pun akan terjaga kesehatannya. Maka dari itu, pilihlah pelembap yang sesuai dengan kriteria ini:

  • Lihat kandungan pelembap

Cermati apakah pelembap Anda mengandung bahan aktif seperti lanolin, gliserin atau petrolatum yang berfungsi untuk melembapkan.

  • Pilih yang ada kandungan tabir surya

Pastikan kulit Anda terlindung dari pengaruh buruk sinar matahari. Anda bisa memilih produk pelembap yang mengandung setidaknya SPF 15.

  • Pastikan produk yang digunakan sudah sesuai dengan jenis kulit

Kulit wajah Anda berbeda dengan kulit tubuh. Kulit wajah lebih tipis dan sensitif. Sehingga pastikan Anda menggunakan pelembap wajah berbeda dengan pelembap tubuh. Jika Anda memiliki kulit yang kering, Anda dapat memilih pelembap yang bertekstur berat seperti krim yang agak kental. Sementara jika kulit Anda sensitif, Anda bisa memilih pelembap yang berlabel hipoalergenik.

1 Komentar

  • Lita Hana

    kulit wajah saya kering,saya harus pakai apa yah,saya kurang tau soal make up.atau pemakai produk krim