Sukses

Berkeringat Bisa Bikin Awet Muda

Dengan berkeringat, kulit Anda akan senantiasa segar dan sehat, jerawat pun bisa berkurang! Mengapa bisa demikian?

Pasti Anda sudah sering dengar mengenai manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh, seperti menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Tapi, tahukah Anda bahwa ternyata berolahraga juga memiliki manfaat lain, yaitu untuk menjaga kulit Anda tetap sehat.

Bagaimana olahraga dapat membuat kulit menjadi sehat?

Saat kita berolahraga, aliran tubuh menjadi lebih lancar, begitu pula aliran darah ke sel-sel kulit. Aliran darah yang lancar ke sel-sel kulit akan menutrisi sel dan memberikan asupan oksigen, agar sel-sel kulit berfungsi dengan baik.

Namun, terkadang terdapat kesalahpahaman bahwa berolahraga dapat membuang racun melalui kulit. Olahraga tidak dapat membuang racun tubuh, karena tugas organ tubuh yang membuang racun adalah organ hati.

Olahraga juga dapat meredakan stres. Jika stres Anda berkurang, maka kondisi-kondisi yang dipicu oleh stres seperti jerawat atau eksim dapat berkurang. Hal ini dikarenakan oleh kelenjar minyak atau kelenjar sebasea yang memproduksi minyak di kulit dipengaruhi oleh hormon stres.

Apa yang harus diperhatikan saat berolahraga?

Meskipun olahraga banyak memberikan manfaat pada tubuh, namun ternyata olahraga juga berisiko untuk kulit. Misalnya, jika Anda berolahraga di luar ruangan, Anda dapat mengalami peningkatan risiko kanker kulit. Untuk itu, sebaiknya hindari paparan sinar matahari mulai dari pukul 09.00-16.00. Namun, jika memang Anda harus berolahraga di luar ruangan, usahakan untuk menggunakan tabir surya. Jangan lupa juga untuk mengoleskan tabir surya berulang ketika Anda sudah berkeringat.

Beberapa masalah kulit lain yang dapat dipicu oleh olahraga adalah ruam-ruam dan jerawat. Masalah ini sering kali dialami ketika Anda menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Kuncinya adalah gunakan pakaian yang longgar dan menyerap keringat. Hindari juga menggunakan riasan saat berolahraga.

Selain itu, pada pasien dengan rosacea, peningkatan suhu tubuh dapat menyebabkan rosacea bertambah banyak. Salah satu cara menyiasatinya adalah Anda bisa berolahraga di lingkungan yang sejuk. Pilihan olahraga berenang juga sangat baik, karena air menjaga kulit tetap dingin meskipun suhu tubuh Anda bertambah.

0 Komentar

Belum ada komentar