Sukses

Persiapan Study Tour untuk Anak yang Alergi

Pastinya anak sangat bersemangat untuk mengikuti study tour pertama di sekolahnya. Namun, bagaimana jika alergi makanannya kambuh saat ia sedang bepergian?
Mengikuti study tour bagi sebagian besar anak merupakan hal yang menyenangkan. Anak dapat bertamasya dengan teman-teman sambil mempelajari hal-hal baru di luar sekolah. Namun, Anda perlu ekstra hati-hati jika anak memiliki alergi – entah itu alergi makanan, pernapasan, maupun alergi kulit. Jangan biarkan alergi menghalangi keseruannya mengikuti study tour!

Apa yang Harus Dilakukan?

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menginformasikan kepada guru di sekolah mengenai alergi yang dimiliki anak. Beritahukan pula mengenai obat-obatan yang biasa diminum anak, beserta petunjuk penggunaannya. Beberapa kiat lain yang bisa diterapkan adalah:

  • Bekal bebas alergi

Anda disarankan untuk menyiapkan bekal dan camilan bebas alergi yang dapat dikonsumsi selama anak melakukan study tour.

Misalnya, anak Anda memiliki alergi terhadap susu sapi, maka Anda bisa membawakannya susu formula soya (kedelai) sebagai alternatif. Selain memiliki rasa yang dapat lebih diterima oleh anak, harga susu soya juga lebih terjangkau ketimbang susu hipoalergenik. Susu kedelai juga tidak mengandung laktosa, sehingga dapat dikonsumsi oleh anak yang memiliki intoleransi laktosa.

Anak juga harus diberi tahu bahwa ia tidak boleh mengonsumsi makanan lain selain dari yang Anda sudah sediakan, termasuk makanan yang diberikan oleh temannya.

  •  Obat alergi

Pastikan Anda menyiapkan semua obat alergi yang diperlukan anak. Baik itu obat minum, obat oles, maupun obat semprot. Bekali juga anak dengan tisu basah, tisu kering, atau gel pencuci tangan tanpa air yang aman untuk anak-anak

  • Satu setel pakaian ganti

Jangan lupa untuk selalu menyiapkan satu setel pakaian ganti bagi anak. Ia dapat mengganti pakaiannya di tengah-tengah kegiatan study tour, apabila misalnya bajunya basah, kotor, atau terpapar dengan alergen (serbuk sari bunga, bulu hewan, dan lain-lain).

  • Catatan kecil

Tulislah dalam catatan kecil tentang jenis alergi yang dimiliki oleh anak beserta pengobatan yang selama ini didapatkannya. Jika terjadi episode serangan akut selama aktivitas, dokter terdekat yang menanganinya dapat memperoleh informasi dengan cepat.

  • Nomor telepon penting

Terkadang beberapa sekolah playgroup dan TK memperbolehkan orangtua untuk turut serta dalam kegiatan study tour menemani anaknya. Cari tahu lokasi rumah sakit terdekat dari area study tour. Anda juga disarankan untuk menyimpan nomor telepon penting, seperti ambulans dan unit gawat darurat rumah sakit.

Selalu persiapkan hal-hal di atas apabila anak Anda yang alergi akan melakukan study tour atau bepergian jauh. Dengan demikian, Anda dapat mencegah kambuhnya alergi yang bisa mengganggu aktivitas anak, dan yang paling penting: anak akan memiliki perjalanan yang lebih menyenangkan bersama teman-teman sekolahnya!

KALBE Nutritionals bekerja sama dengan Morinaga Research Center Jepang menyajikan rangkaian produk Morinaga, yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dan mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Rangkaian produk Morinaga terdiri dari:

1. Morinaga Soya MoriCare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid Soya (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Soya (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan bergizi berbahan dasar isolat protein kedelai tanpa penambahan laktosa, untuk mengatasi gejala alergi susu sapi pada anak yang sudah didiagnosis alergi susu sapi.

2. Morinaga P-HP MoriCare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid P-HP merupakan susu pertumbuhan bergizi untuk anak usia 1-3 tahun, yang dapat mengurangi risiko alergi bagi anak yang berbakat alergi. Morinaga Chil Kid P-HP mengandung protein susu sapi yang telah diolah secara enzimatik, sehingga lebih mudah dicerna dan mengurangi reaksi hipersensitivitas serta risiko alergi bagi anak yang memiliki riwayat alergi.

3. Morinaga Platinum MoriCare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid Platinum Moricare+ Prodiges (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Platinum MoriCare+ Prodiges (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan yang hadir dengan sinergi nutrisi tepat Moricare+ Prodiges. Dilengkapi dengan Faktor Kecerdasan Multitalenta yang mengoptimalkan penyimpanan memori, berpikir, berbicara, dan gerakan sadar; Faktor Kekebalan Tubuh Ganda yang meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit; serta Faktor Tumbuh Kembang Optimal yang membantu untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi.

4. Morinaga Gold

Morinaga Gold terdiri dari Morinaga Chil Kid Gold (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Gold (4-12 tahun). Kandungan nutrisinya terdiri dari kolin, asam lemak esensial AAL, zat besi, prebiotik laktulosa, laktoferin, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, sehingga dapat mengoptimalkan kecerdasan anak sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

0 Komentar

Belum ada komentar