Sukses

Benarkah Pilates Dapat Mengatasi Osteoartritis?

Osteoartritis adalah salah satu penyakit yang diyakini mampu diatasi dengan melakukan olahraga pilates. Namun, benarkah pilates dapat mengatasi osteoartritis? Berikut info medisnya.

Osteoartritis (OA) merupakan penyakit yang yang sering kali menyebabkan disabilitas (hambatan) gerakan pada populasi usia lanjut. Osteoartritis merupakan kelainan yang menyerang berbagai ras dan jenis kelamin.

Seiring dengan bertambahnya usia, kejadian osteoartritis juga semakin bertambah. Pria dan wanita memiliki kesempatan yang sama untuk terserang osteoartritis, namun pada wanita biasanya sendi yang terkena lebih banyak.

Faktor risiko penyakit ini adalah usia di atas 60 tahun, wanita yang sudah menopause, kegemukan, dan pekerja berat yang mayoritas menggunakan satu sendi secara terus-menerus.

Nyeri merupakan keluhan utama yang terjadi pada pasien osteoartritis. Nyeri yang dirasakan awalnya biasa saja, hilang dan timbul, kemudian dapat menjadi semakin berat akibat aktivitas gerak pada sendi tersebut. Hal ini tentunya dapat menyebabkan  gerakan dari sendi yang terkena menjadi terbatas.

Perlu Anda ketahui, osteoartritis pada sendi lutut merupakan penyebab kecacatan yang tergolong besar di Amerika Serikat. Beberapa terapi yang di klaim dapat mengatasi keluhan osteoartritis, misalnya menurunkan berat badan, dan menggunakan obat-obatan untuk meredakan peradangan.

Selain itu, terdapat pula terapi alternatif yang dikatakan dapat mengatasi keluhan osteoartritis, di antaranya:

  • Akupuntur
  • Akupresur
  • Terapi relaksasi dan meditasi
  • Pijat atau urut

Di samping itu, olahraga yang melibatkan keseimbangan jiwa dan raga, seperti yoga, tai chi dan pilates juga dapat dilakukan untuk mengatasi osteoartritis yang terjadi.

Salah satu jenis olahraga yang terkenal dan diminati oleh banyak orang di seluruh dunia adalah pilates. Pasalnya, selain digunakan sebagai salah satu program fitnes, pilates juga digunakan oleh beberapa program rehabilitasi medis sebagai salah satu pilihan terapi untuk mengatasi osteoartritis.

Prinsip utama dari olahraga pilates adalah menyelaraskan pikiran dan tubuh sehingga tubuh dapat menggunakan kemampuannya untuk mencapai keseimbangan, kekuatan, dan kesehatan.

Oleh karena itu, pilates terbukti dapat menurunkan berat badan, yang menjadi salah satu faktor risiko terjadinya osteoartritis, dan memperkecil risiko terjadinya gejala osteoartritis berulang.

Latihan pilates akan membantu menciptakan kondisi relaksasi, meningkatkan keseimbangan tubuh, membantu fungsi koordinasi otot dan postur tubuh, serta menurunkan stres.

Walaupun demikian, manfaat pilates untuk terapi osteoartritis sebenarnya belum banyak dibuktikan secara medis. Namun pada keluhan low back pain atau nyeri punggung, pilates memang terbukti dapat secara langsung menurunkan rasa nyeri yang terjadi. Sedangkan pada keluhan osteoartritis, manfaat pilates itu sendiri masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

0 Komentar

Belum ada komentar