Sukses

Bisakah Nyeri Sendi Disembuhkan Tanpa Obat-obatan?

Nyeri sendi dapat disebabkan oleh beberapa kondisi medis yang mendasari. Lalu, bisakah nyeri sendi disembuhkan tanpa obat-obatan? Berikut info medis dari dr. Melyarna Putri.

Nyeri sendi dapat disebabkan oleh beberapa kondisi medis yang mendasari. Nyeri sendi bisa dikaitkan dengan adanya peradangan pada sendi, dan juga bisa disebabkan adanya nyeri yang berasal dari organ lain di sekitar sendi. 

Beberapa penyebab nyeri sendi, antara lain:

  • Autoimun, atau suatu kondisi di mana sel-sel kekebalan tubuh yang seharusnya menyerang zat asing, namun kali ini menyerang tubuh sendiri, seperti pada LUPUS dan rheumatoid arthritis
  • Penumpukan kristal asam urat di sendi, seperti pada artritis gout
  • Infeksi virus
  • Osteoartritis
  • Infeksi tulang
  • Trauma, seperti patah tulang
  • Aktivitas fisik ekstrem yang menyebabkan ketegangan otot dan keseleo

Sebelum menentukan pengobatan yang tepat, harus diketahui terlebih dahulu penyebab dari nyeri sendi yang terjadi. Pada kondisi autoimun, pengobatan dengan obat-obatan hampir mutlak digunakan apabila gejala memberat. Sedangkan pada nyeri sendi yang disebabkan oleh trauma, yang menyebabkan kelainan pada tulang, maka terapi utama ditujukan untuk memperbaiki posisi tulang.

Kondisi lainnya, seperti pada penumpukan kristal asam urat di sendi, maka pengobatan bertujuan untuk menurunkan jumlah asam urat dan membantu meredakan peradangan yang terjadi. Sedangkan pada nyeri sendi akibat infeksi, pemberian obat diperlukan untuk membunuh kuman yang menyebabkan peradangan.

Berbeda halnya dengan nyeri sendi yang terjadi bukan didasari peradangan pada sendi, seperti keadaan olahraga berlebihan yang menyebabkan keseleo atau ketegangan otot.

Pada keadaan nyeri sendi akibat olahraga berlebihan yang menyebabkan keseleo atau ketegangan otot, maka istirahat merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Cara yang dapat digunakan untuk meredakan gejala, misalnya dengan direndam air dingin, urut, atau latihan peregangan ringan.

Mengapa direndam air dingin? Air dingin dapat menyebabkan vasokonstriksi pembuluh darah atau pengecilan lingkar pembuluh darah, sehingga akan mengurangi kemerahan dan bengkak yang terjadi akibat peradangan pada sendi. Selain air dingin, penggunaan salep yang mengandung mentol juga dapat memberikan efek yang serupa.

Sedangkan untuk meredakan peradangan yang terjadi secara keseluruhan, selain dapat menggunakan obat-obatan, glukosamin dan aloe vera juga terbukti dapat menurunkan peradangan yang terjadi. Sebuah penelitian oleh Nieman .dkk menyebutkan bahwa penggunaan glukosamin dapat menurunkan sensasi akibat nyeri sendi.

1 Komentar