Sukses

Cara Menjaga Anak Agar Tidak Mudah Sakit

Ketika anak sakit, tentu Anda dan seluruh keluarga juga akan marasa cemas. Oleh karena itu, sebaiknya menghindari berbagai potensi penyebab penyakit dengan menjaga kebersihan.

Kesehatan adalah hal yang penting dijaga agar pertumbuhan anak menjadi optimal. Bakteri dan virus merupakan penyebab umum dari timbulnya penyakit pada anak. Anak dengan rentang umur 0-2 tahun memang akan lebih sering terserang virus karena daya tahan tubuh yang masih lemah. Terutama bayi baru lahir yang berumur 0-3 bulan.

Karena itu, Anda benar-benar harus menjaga kebersihan dari segala macam aspek, seperti diri si bayi sendiri, orang yang merawat, serta lingkungan di sekitar anak Anda. Tapi ada satu potensi sumber kuman yang jauh lebih sulit untuk dikontrol, yaitu orang. Khususnya keluarga dan teman.

Perlu diingat bahwa kuman seperti virus flu memang cukup jinak pada orang dewasa, tetapi dapat menyebabkan masalah pada bayi yang baru lahir. Untuk itu, Altmann menekankan bahwa orangtua harus sangat berhati-hati dalam melindungi bayi mereka dari kuman pada tiga bulan pertama—dan jika mungkin, enam bulan pertama.

Lalu, bagaimana dengan anak yang sudah sedikit besar?

Memang benar bahwa kuman dapat membuat sistem kekebalan tubuh anak bertambah. Ketika tubuh terinfeksi oleh virus, sistem kekebalan tubuh biasanya akan terbentuk untuk mempertahankan diri. Kemudian, pada saat anak terkena kontak lagi dengan mikroorganisme tertentu, sel-sel kekebalan tubuh sudah siap melawannya tanpa anak merasakan sakit terlebih dahulu. Namun, itu tidak berarti bahwa Anda boleh dengan sengaja mengekspos anak pada kuman.

Menghindari Anak dari Kuman-Kuman

Lantas, bagaimana cara yang dapat Anda lakukan agar anak Anda terhindar dari bakteri dan virus? Berikut ini hal-hal yang dapat Anda lakukan:

  • Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum makan atau sebelum memasukkan sesuatu dalam mulut anak Anda, yang bisa memindahkan bakteri pada tangan Anda ke dalam tubuh anak Anda yang lain. Dengan mencuci tangan maka diharapkan bakteri dalam tangan dapat hilang dan tidak berpindah ke dalam tubuh anak Anda. Kebiasaan cuci tangan sebelum makan juga sebaiknya dibiasakan pada anak sejak usia dini.
  • Jaga kebersihan di setiap sudut rumah, karena sebagian besar waktu anak Anda dihabiskan di dalam rumah. Jadi, bakteri yang ada di dalam rumah harus dapat Anda atasi dengan rajin membersihkan rumah, serta jangan memasukkan sandal atau sepatu dari luar ke dalam rumah.
  • Lakukan imunisasi sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh dokter anak Anda. Hal ini adalah sesuatu yang sangat penting dilakukan oleh orang tua.
  • Penuhi gizi anak dengan makanan yang bergizi untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak.

0 Komentar

Belum ada komentar