Sukses

Bubur Instan Kemasan, Apakah Baik untuk Bayi?

Memberikan asupan yang mumpuni untuk bayi tentu merupakan tujuan setiap orangtua—terlebih pada 1000 hari tumbuh kembangnya. Salah satunya bisa dilakukan dengan pemberian makanan berupa bubur bayi.

Diet seimbang yang sehat tidak hanya baik untuk tubuh anak secara keseluruhan, namun terlebih pada otak mereka. Makanan yang tepat dapat meningkatkan fungsi otak, memori, dan konsentrasi anak. Pembentukan kemampuan kognitif, motorik, dan komunikasi serta sosial anak merupakan suatu proses berkelanjutan yang terjadi sejak di kandungan. Sinaps-sinaps (sambungan antar sel saraf) saraf akan semakin lengkap terhubung dengan adanya nutrisi dan stimulasi yang tepat.

Di tengah kesibukan dalam menyiapkan nutrisi anak, bubur bayi instan atau bubur bayi kemasan merupakan salah satu pilihan yang dapat digunakan. Namun terkadang sebagai ibu, tidak jarang merasa ragu, apakah bubur bayi instan ini memiliki nutrisi yang sama baiknya apabila dibandingkan dengan bubur tim buatan rumah atau tidak.

Menggunakan bubur instan kemasan selain lebih mudah digunakan, praktis, menyingkat waktu persiapan namun juga dapat memberikan nutrisi yang terukur. Selain itu, penyajian bubur instan kemasan diatur untuk satu kali porsi pemberian makan saja, sehingga tidak perlu dihangatkan berulang kali untuk mencegah makanan menjadi cepat basi.

Penelitian Soal Bubur Instan Kemasan

Kita kerap mendengar kekhawatiran para orangtua mengenai MPASI kemasan. Sebagian menganggap bahwa MPASI rumahan lebih baik, karena MPASI kemasan pastilah menggunakan bahan-bahan pengawet. 

Anda tidak perlu takut. Tidak semua MPASI kemasan menggunakan pengawet. Karena itu, pilihlah MPASI kemasan yang mengandung makronutrien (protein, karbohidrat dan lemak), serta mikronutrien (12 vitamin dan 8 mineral) yang diperlukan anak untuk tumbuh kembang optimalnya. Proses pembuatannya juga mesti sesuai dengan standar, yakni dengan proses sterilisasi untuk menurunkan kadar air dalam produk, sehingga produk tetap steril dan tidak memungkinkan bakteri dan mikroba untuk hidup.

Menurut Dr. dr. Damayanti Sjarif, Sp.A (K), Ketua Unit Kerja Koordinasi Nutrisi dan Penyakit Metabolik Ikatan Dokter Anak Indonesia, penggunaan MPASI rumahan dan MPASI kemasan secara berdampingan sangat disarankan karena kandungan gizinya dapat saling melengkapi.

Dari sisi kandungan gizinya, kandungan energi MPASI kemasan rata-rata  282 kJ per 100 g. Kandungan energi ini mirip dengan kandungan energi dari ASI yaitu sebesar 283 kJ per 100 g  dan  mirip dengan kandungan energi susu formula yaitu sebesar 281 kJ per 100 g.

Selain itu, menurut penelitian National Health Services, Inggris, MPASI berupa biskuit memiliki jumlah nutrisi, zat besi, dan kalsium yang lebih tinggi daripada MPASI rumahan. Pemberian camilan berupa biskuit sebanyak 2 kali dalam sehari dapat menyempurnakan gizinya. Di samping itu, pengenalan biskuit kepada anak merupakan salah satu cara untuk mengenalkan finger food.

MPASI Terbaik untuk Anak

Kini, Anda tidak perlu repot lagi mencari MPASI terbaik untuk anak. Hanya dengan langkah-langkah mudah, Anda sudah bisa memesan dan mendapatkan produk Milna, yang sudah sejak lama dikenal sebagai produk makanan bayi berkualitas terbaik.

Milna memiliki rangkaian produk makanan bayi yang diformulasi untuk bayi berusia 6 bulan ke atas, dan ditujukan sebagai MPASI pertama bayi. Milna memiliki ragam jenis produk yang lengkap, seperti:

  • Milna Bubur Bayi, adalah produk MPASI unggulan dari Milna yang ditujukan sebagai makanan pelengkap bagi bayi di usia 6 dan 9 bulan ke atas.
  • Milna Bubur Bayi WGAIN, untuk anak yang mengalami masalah berat badan rendah, dengan formula yang tinggi kalori dan kaya nutrisi.
  • Milna Bubur Goodmil, merupakan MPASI khusus untuk anak yang memiliki kecenderungan dan risiko alergi.
  • Milna Bubur Organik, adalah produk makanan bayi pertama di Indonesia yang terbuat dari bahan-bahan organik.
  • Milna Biskuit Bayi, adalah produk makanan kecil atau camilan untuk bayi. Diformulasi dengan nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan bayi, Milna Biskuit Bayi hadir dengan pilihan rasa yang lezat dan pastinya disukai anak.
  • Milna Toddler Biscuit, merupakan biskuit lezat yang bisa menjadi cemilan sehat untuk anak usia 1 tahun ke atas.
  • Milna Toddler Pudding, yang akan segera menjadi camilan kesukaan anak di atas usia 1 tahun, karena rasanya yang lezat dan nutrisinya yang bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar