Sukses

Manfaat Beras Merah untuk Tumbuh Kembang Anak

Beras merah memang salah satu pilihan menu MPASI yang tepat, karena banyak mengandung beragam zat untuk mendukung nutrisi anak. Apa sajakah itu?
Sebagai orangtua, memilih bahan makanan yang tepat sangat vital untuk memenuhi nutrisi selama masa pertumbuhan anak. Salah satu menu MPASI yang sering diberikan adalah beras merah. Beras merah memang salah satu pilihan menu MPASI yang tepat, karena banyak mengandung beragam zat untuk mendukung nutrisi anak. Apa sajakah itu?

Apabila dibandingkan dengan beras putih, beras merah mengandung nutrisi yang lebih banyak seperti karbohidrat, gula,serat, lemak, protein, vitamin B1, B2, B3, B6, asam folat, kalsium, besi, mangan, fosfor, natrium, kalium, magnesium, dan seng.

Berikut penjelasan lengkapnya mengenai kandungan nutrisi tersebut:

1. Karbohidrat

Setiap 100 gram beras merah mengandung 77,24 gram karbohidrat. Karbohidrat sebaiknya memenuhi sekitar 50-60% total kebutuhan energi harian. Karbohidrat merupakan sumber glukosa yang paling besar. Glukosa menyediakan energi utama untuk metabolisme tubuh.

2. Protein

Protein juga merupakan sumber nutrisi yang penting. Kebutuhan protein untuk anak pada usia 6 bulan adalah sekitar 1,12 gram per kilogram berat badan sehari. Di dalam 100 gram beras merah mengandung 7,85 gram protein. Protein di dalam tubuh disimpan dalam bentuk asam amino. Protein juga merupakan sumber energi tubuh. Selain itu, protein bermanfaat untuk melaksanakan berbagai proses metabolisme tubuh dan proses pembentukan sistem kekebalan tubuh.

3. Vitamin & Mineral

Mikronutrien seperti vitamin dan mineral merupakan kedua zat yang penting bagi tubuh untuk menjalankan fungsi fisiologis tubuh yang optimal. Vitamin dalam jumlah yang cukup diperlukan tubuh untuk melengkapi fungsi kerja hormon dan antioksidan, sebagai pengatur pertumbuhan jaringan, dan metabolisme kalsium. Vitamin juga memiliki peran penting dalam sistem kekebalan tubuh.

4. Kalsium

Kalsium merupakan mineral yang juga sangat diperlukan di dalam tubuh. Selama masa pertumbuhan anak, tubuh akan menggunakan mineral kalsium untuk membangun tulang tubuh yang kuat. Selain untuk pembentukan tulang, kalsium juga memiliki posisi yang krusial dalam pembentukan hormon dan enzim.

5. Besi

Kandungan beras merah lainnya yaitu besi telah diketahui merupakan salah satu zat yang diperlukan untuk membentuk sel darah merah. Untuk itu, penuhi kebutuhan asupan zat besi anak melalui makanan dan minuman.

6. Seng

Sedangkan kandungan beras merah lainnya yaitu seng merupakan mineral yang sangat penting dan sering diabaikan. Mineral ini tidak hanya memperkuat sistem kekebalan tubuh, tetapi juga membantu anak-anak kita tumbuh dan berkembang.

0 Komentar

Belum ada komentar