Sukses

Latih Daya Ingat Anak dengan Cara Ini

Daya ingat anak dapat dilatih sejak dini. Ingin tahu caranya? Simak uraian berikut ini.
Daya ingat adalah kemampuan untu­k menyimpan, mengolah, dan membangkitkan kembali informasi yang telah diserap dan disimpan di dalam otak.

Para ahli mengatakan bahwa daya ingat anak di bawah usia tiga tahun masih lemah. Oleh karena itu, kebanyakan orang dewasa sukar atau tidak dapat mengingat kejadian saat mereka masih berusia tiga tahun ke bawah.

Lama-kelamaan, daya ingat anak akan semakin menguat seiring dengan bertambahnya usia. Di atas usia tiga tahun, Anda dapat mulai mengasah daya ingatnya dengan berbagai cara.

Nutrisi

Tumbuh kembang otak yang optimal tentunya membutuhkan zat gizi yang optimal pula. Anak-anak membutuhkan karbohidrat, protein, dan serat untuk menunjang fungsi otak secara umum. Karbohidrat bisa didapat dari nasi, mi, roti, kentang, jagung, dan serealia. Sementara protein dapat diperoleh dari daging, ikan, kacang-kacangan, dan susu. Serat bisa ditemukan pada buah, sayur, dan serealia.

Asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6 juga berperan penting dalam pembentukan sel saraf. Asam lemak ini bisa ditemukan dalam biji rami, kacang-kacangan, salmon, makarel, sarden, minyak jagung, dan minyak biji bunga matahari.

Selain itu, otak juga memerlukan kolin – yang terdapat dalam telur – untuk meningkatkan kemampuan penyimpanan memori, berpikir, berbahasa, dan pergerakan motorik.

Cukup Tidur

Waktu tidur adalah saat ketika anak menyimpan informasi yang telah ia peroleh selama ia bangun dan beraktivitas. Karena itu, pastikan agar anak mendapat cukup tidur setiap harinya. Anak berusia di bawah empat tahun memerlukan tidur selama 11-12 jam dalam sehari.

Latihan

Penelitian membuktikan bahwa untuk meningkatkan memori anak, segala sesuatu harus dilakukan secara berulang. Misalnya, memutar ulang musik, membacakan buku dongeng yang telah ia dengar sebelumnya, atau mengajukan pertanyaan untuk mengingat kegiatannya pada hari itu. Anda dapat menanyakan apa yang diajarkan ibu guru di sekolah pada hari ini, siapa teman yang bermain bersamanya siang tadi, siapa nama anjing peliharaan tetangga sebelah rumah, dan lain-lain.

Di samping itu, memori juga dapat diperkuat dengan cara mengelompokkan atau mengorganisasi. Anda dapat meminta anak untuk membereskan mainan dan bukunya berdasarkan jenis mainannya. Misalnya, buku cerita dimasukkan ke dalam satu rak, buku keperluan sekolah di rak lainnya, dan boneka-boneka disusun di rak tersendiri.

Musik dan Bernyanyi

Berdasarkan penelitian, musik adalah salah satu cara ampuh untuk dapat meningkatkan daya ingat anak. Nyanyikanlah lagu-lagu yang menarik dan lakukan secara berulang-ulang. Bernyanyilah saat ia akan pergi tidur, akan mandi, ketika bermain, dan lainnya.

Lakukan dengan Gembira

Apa pun kegiatan yang Anda lakukan bersama anak, pastikan agar Anda berdua melakukannya dengan riang gembira. Suasana yang kondusif dan menyenangkan sangat penting dalam pembelajaran anak, agar hasilnya dapat optimal.

Perlu diingat, nutrisi yang seimbang merupakan salah satu hal penting yang harus dipenuhi, agar daya ingat anak menjadi optimal. Salah satu nutrisi ini adalah susu. Pilihlah susu yang sesuai dengan usia dan kebutuhan anak, serta memiliki kandungan gizi yang lengkap.

KALBE Nutritionals bekerja sama dengan Morinaga Research Center Jepang menyajikan rangkaian produk Morinaga, yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dan mendukung tumbuh kembang anak. Rangkaian produk Morinaga terdiri dari:

1. Morinaga Soya MoriCare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid Soya (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Soya (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan bergizi berbahan dasar isolat protein kedelai tanpa penambahan laktosa, untuk mengatasi gejala alergi susu sapi pada anak yang sudah didiagnosis alergi susu sapi.

2. Morinaga P-HP MoriCare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid P-HP merupakan susu pertumbuhan bergizi untuk anak usia 1-3 tahun, yang dapat mengurangi risiko alergi bagi anak yang berbakat alergi. Morinaga Chil Kid P-HP mengandung protein susu sapi yang telah diolah secara enzimatik, sehingga lebih mudah dicerna dan mengurangi reaksi hipersensitivitas serta risiko alergi bagi anak yang memiliki riwayat alergi.

3. Morinaga Platinum MoriCare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare+ Prodiges (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Platinum MoriCare+ Prodiges (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan yang hadir dengan sinergi nutrisi tepat MoriCare+ Prodiges. Dilengkapi dengan Faktor Kecerdasan Multitalenta yang mengoptimalkan penyimpanan memori, berpikir, berbicara, dan gerakan sadar; Faktor Pertahanan Tubuh Ganda yang meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit; serta Faktor Tumbuh Kembang Optimal yang membantu untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi.

4. Morinaga Gold

Morinaga Gold terdiri dari Morinaga Chil Kid Gold (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Gold (4-12 tahun). Kandungan nutrisinya terdiri dari kolin, asam lemak esensial AAL, zat besi, prebiotik laktulosa, laktoferin, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, sehingga dapat mengoptimalkan kecerdasan anak sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

0 Komentar

Belum ada komentar